Pelatihan Pembuatan Multimedia Bersama Mampuono

pelatihan1pelatihan2“Berbagi dan Tumbuh Bersama”, itulah motto yang selalu diusung oleh Mampuono, M.Kom, Ketua Klub Guru Indonesia Prov. Jawa Tengah. Guru sarat prestasi yang kini mengabdikan dirinya sebagai guru Bahasa Inggris di SMP 18 Semarang itu memang dikenal sebagai sosok guru yang suka berbagi.

Selasa, 14 April 2009, MGMP Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Agama Islam SMP bekerja sama dengan Bidang Dikdas Dinas Dikpora Kab. Kendal, sungguh beruntung bisa menghadirkan guru kreatif yang pernah menyabet predikat sebagai Juara Multimedia se-Asia Pacific itu. Dengan telaten, guru yang baru saja dikaruniai seorang putra itu memberikan cara-cara praktis bagaimana memodifikasi template power point karyanya itu kepada 42 peserta yang berlangsung di laboratorium komputer SMP 1 Brangsong, Kendal.

Walhasil, pelatihan yang dimulai pukul 08.30 hingga 14.30 itu terasa berlangsung amat singkat. Masih banyak peserta yang penasaran dan terus mencoba untuk mengakrabi template interaktif itu. Mengingat terbatasnya waktu, para peserta diharapkan mengembangkan multimedia tersebut sesuai dengan karakter mata pelajarannya masing-masing sebagai tugas terstruktur, untuk selanjutnya produk karyanya dipresentasikan di Dinas Dikpora setelah kegiatan ujian nasional usai (sekitar awal bulan Mei 2009).

Berikut ini beberapa contoh screenshoot template karya Mampuono.
template1template2template3

Nah, menarik, bukan? Yang tertarik, silakan unduh secara gratis di http://jatengklubguru.com/component/option,com_remository/Itemid,38/ . Software tersebut juga dilengkapi dengan petunjuk penggunaan secara rinci dan lengkap sehingga memudahkan kita untuk memodifikasi sesuai dengan karakter materi pembelajaran yang hendak disajikan oleh guru.

Segenap pengurus MGMP Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Agama Islam SMP Kab. Kendal, serta peserta pelatihan mengucapkan terima kasih kepada Pak Mampuono yang telah berkenan berbagi ilmu dan bersilaturahmi. Semoga Pak Mampuono masih berkenan untuk trus menjalin silaturahmi dan berbagi ilmu dengan kami. Salam kreatif!

11 komentar:

  1. RIYADI mengatakan...

    Terima kasih atas pembelajaran template Pak Mampuono.
    Saya simpan, saya cermati, saya teladani, ya ... karena memang bagus! Sukses Pembelajaran !

  2. admin mengatakan...

    iya, template pak mampu memang oke dan top-markotop, pak, haks.

  3. bayu nurharyanto mengatakan...

    sangat menarik kalau setiap sekolah punya multi media,siswa akan antusias belajar, sayang belum setiap sekolah di indonesia punya media pembelajaran yang modern (multi media)

  4. suprapto mengatakan...

    multimedia bagus bgt, saya adopsi. semoga sukses selalu. salam dari wonosari, gunungkidul, yogyakarta. ingat inovasi 2006?

  5. suprapto mengatakan...

    multimedia bagus bgt, sy adopsi. salam dari wonosari, gunungkidul, DIY. Ingat inovasi 2006?

  6. admin mengatakan...

    terima kasih atas apresiasinya, pak prapto. ini multimedia karya pak mampuono.

  7. admin mengatakan...

    oh, pak suprapto? hmmm ... iya, pak, saya masih ingat dg model pembelajaran pak prapto dalam lomba inovasi pembelajaran itu. model pak prapto dg menggunakan wayang sungguh menarik. salam hangat dari kendal, pak, salam hangat dan salam sukses!

  8. admin mengatakan...

    itu dia masalahnya, pak bayu. keinginan rekan2 sejawat utk menggunakan multimedia dalam pembelajaran sangat kuat. sayangnya, belum semua sekolah memiliki fasilitas itu.

  9. abdul salam mengatakan...

    :razz: materinya mantap, saya unduh, saya pelajari dan saya manfaatkan serta kembangkan. thanks

  10. gunungsari mengatakan...

    maksih pak dng peltahn tik di BPTIKP Smg, materi penjenengan yang pling popular, mudah dtrima, bs derti yg jlas g bosan buat nyoba, but 4 mhir kan btuh waktu ya pak, trimaksih banyak, thanks verymuch

  11. MUH. ALIMIN HERMAN mengatakan...

    sy belum ikut training multimedia pak mampu, tp melihat komentar yang pernah ikut, sy pengen juga. pokoknya kalo multimedia top abis

Posting Komentar