Sosialisasi Permendiknas, POS UN, dan Bedah SKL UN Bahasa Indonesia

pos unSenin, 23 Desember 2008 (pukul 09.30 s.d. 12.00 WIB), bertempat di SMP 2 Kendal, MGMP Bahasa Indonesia SMP Kab. Kendal, Jateng, telah melaksanakan sosialisasi Permendiknas No. 78/2008 tentang Ujian Nasional, sosialisasi POS UN 2009 yang dikeluarkan oleh BSNP, dan bedah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) UN Bahasa Indonesia SMP. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengondisikan rekan-rekan sejawat guru Bahasa Indonesia SMP Kab. Kendal agar bisa lebih dini dalam mempersiapkan siswa didiknya menghadapi UN.

Pengalaman menunjukkan, terlambatnya sosialisasi UN seringkali menjadi hambatan para guru dalam mempersiapkan siswa didiknya dalam menghadapi UN sehingga tak jarang menempuh langkah-langkah instan. Dengan menginformasikan ketentuan-ketentuan UN sesuai dengan Permendiknas dan POS UN sejak dini, diharapkan MGMP bisa melakukan konsolidasi lebih awal dengan sesama rekan sejawat sehingga persoalan-persoalan yang selama ini dirasakan sebagai penghambat suksesnya pelaksanaan dan hasil-hasil UN bisa terjembatani.

Memang, MGMP bukanlah organisasi profesi guru mata pelajaran yang bisa demikian mudah “menyihir” nilai UN Bahasa Indonesia jadi tinggi. Namun, sertidaknya dengan sosialisasi ketentuan-ketentuan UN lebih awal, para guru diharapkan bisa melakukan langkah-langkah dan inovasi jitu, sehingga siswa benar-benar dalam kondisi siap menghadapi UN.

Selain itu, MGMP juga mengajak rekan-rekan sejawat untuk membedah SKL UN Bahasa Indonesia 2009 dengan mengacu pada soal-soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2007/2008. Berdasarkan hasil bedah SKL dapat disimpulkan bahwa 95% soal UN Tahun 2007/2008 terakomodasi semua dalam SKL. Namun, ada satu kompetensi yang tidak diujikan dalam UN 2009, khususnya pada SKL menulis, yaitu iklan baris. Kami tidak tahu, apakah memang kompetensi itu sengaja tidak diujikan atau faktor “human error” semata.

Sayang sekali kegiatan tersebut hanya diikuti sekitar 25 guru Bahasa Indonesia. Mungkinkah karena kesibukan mempersiapkan rapor semester ganjil yang membuat banyak rekan sejawat tidak bisa hadir? Sungguh, kami tidak tahu!

Kegiatan bedah SKL dan pemantaban materi UN Bahasa Indonesia akan dilanjutkan sekitar bulan Januari Minggu kedua setelah memasuki semester genap. Semoga banyak rekan sejawat yang berkenan untuk mengikutinya.

Bedah soal SKL sementara bisa diunduh di sini, di sini, dan di sini atau di bar samping!
***

7 komentar:

  1. admin mengatakan...

    sugeng ndalu ugi, gus. matur nuwun, sampaun kersa tindak2 dhateng blog mgmp, hehehe ....

  2. Muid mengatakan...

    Assalamu'alaikum,
    sosialisasi, koordinasi, dan tukar pendapat saya kira sangat perlu untuk meningkatkan kelulusan UN 2009 khususnya Bahasa Indonesia. Lagi pula sekarang ini bentuknya kisi-kisi menurut saya kelihatannya lebih jelas dan spesifik. Namun, kalau tidak ada pemahaman yang sama akan sulit juga. Maaf dari SMP PMS tidak hadir bukan karena apa-apa, hanya sebab belum buka blog saja lain kali insyaallah SMP PMS akan mengikuti terus dan berusaha hadir walau surat belum sampai ke PMS.
    Wassalamu'alaikum.

  3. harianku mengatakan...

    semoga bisa bermanfaat bagi semua orang yah mas :)

  4. admin mengatakan...

    waalaikum salam, pak muid. gpp, pak muid, mulai semester 2 mudah2an pertemuan MGMP bisa lebih intensif dilakukan. insyaallah blog ini bisa menjadi salah satu media komunikasi bagi teman2 sejawat.

  5. admin mengatakan...

    amiiin, mudah2an demikian, mbak. makasih supportnya.

  6. is mengatakan...

    kegiatan yang bagus. sayang ketinggalan info

  7. ballall mengatakan...

    :twisted: jelek banget cih karya ilmiahnya

Posting Komentar