Pembentukan dan Pelantikan Pengurus AGUPENA Jawa Tengah

agu1Bertempat di LPMP Semarang Jawa Tengah, pada hari Rabu, 4 Februari 2009 (pukul 09.00-15.00 WIB), telah dibentuk pengurus Asosiasi Guru Penulis (AGUPENA) Jawa Tengah. Acara yang diikuti oleh 29 guru penulis yang berasal dari berbagai kabupaten/kota se-Jawa Tengah ini juga dihadiri oleh Ketua Umum AGUPENA Pusat, Achjar Jalil, dan dibuka secara resmi oleh Ketua LPMP Jawa Tengah, yang diwakili Bapak Sukartono.

Dalam sambutannya, Bapak Sukartono, menyatakan bahwa pembentukan AGUPENA Jawa Tengah diharapkan dapat menjembatani kegelisahan di kalangan guru yang masih mengalami kendala dalam budaya menulis. Menurutnya, persentase guru di Jawa Tengah yang sudah berhasil naik pangkat ke golongan IV-B masih sangat rendah, yakni SD (0,20%), SMP (2,04%), SMA (1,65%), dan SMK (1,46%). Banyaknya jumlah guru yang mentog pada golongan IV-A disebabkan karena sebagian besar guru masih mengalami kendala dalam mengumpulkan angka kredit pengembangan profesi melalui penulisan karya ilmiah. “Dengan terbentuknya AGUPENA Jawa Tengah, diharapkan para guru menjadi lebih berdaya sehingga angka kredit pengembangan profesi bukan lagi menjadi kendala dalam peningkatan karier guru. Teman-teman guru yang terhimpun dalam organisasi ini diharapkan bisa saling membantu dan berbagi ilmu,” katanya.



agu2Sementara, Ketua Umum AGUPENA Pusat, Achjar Jalil, menyatakan bahwa guru penulis adalah orang-orang yang berpikiran multidimensional dan memiliki energi otak yang tak pernah kering, sehingga mampu menghasilkan karya-karya kreatif. Dalam pembentukan AGUPENA Jawa Tengah, AGUPENA Pusat tegasnya, tidak akan melakukan intervensi apa pun. Semuanya diserahkan sepenuhnya kepada forum, sehingga pengurus yang terbentuk benar-benar sah dan segera dapat menjalankan tugasnya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemilihan pengurus yang dipandu oleh Tim Panitia Pengarah yang terdiri dari Kurniawan As’ari (Banyumas), Johan Wahyudi (Sragen), dan Sawali (Kendal). Untuk mendapatkan gambaran tentang profil AGUPENA Jawa Tengah, disampaikan juga tentang rancangan kode-etik pengurus dan anggota. Setelah melalui diskusi dan musyawarah, akhirnya berhasil diputuskan kode-etik seperti berikut ini.



KODE ETIK
PENGURUS DAN ANGGOTA AGUPENA JAWA TENGAH


  1. Setiap pengurus dan anggota memiliki hak yang sama untuk mengikuti kegiatan yang diadakan organisasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

  2. Setiap pengurus dan anggota wajib menjaga nama baik organisasi;

  3. Sesuai dengan kemampuannya masing-masing, sesama pengurus dan anggota wajib saling membantu demi pengembangan organisasi dan pengembangan profesionalisme guru dalam bidang kepenulisan;

  4. Setiap pengurus dan anggota wajib mengembangkan kemampuan di bidang kepenulisan secara optimal sesuai dengan potensi dan talentanya masing-masing;

  5. Pengurus dan anggota wajib menyetujui AGUPENA sebagai organisasi yang independen, mandiri, dan non-partisan.


Setelah penyampaian kode etik, acara dilanjutkan dengan pemilihan pengurus melalui voting dengan mekanisme: setiap peserta rapat memilih enam orang yang akan menduduki posisi sebagai Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekretaris Umum, Wakil Sekretaris Umum, Bendahara Umum, dan Wakil Bendahara Umum, yang sekaligus berfungsi sebagai tim formatur. Berdasarkan hasil voting dan kesepakatan tim formatur, akhirnya berhasil ditetapkan Pengurus AGUPENA Jawa Tengah Masa Bakti 2009-2011 sebagai berikut.

Pengurus AGUPENA Jawa Tengah
Masa Bakti 2009-2011


  1. Ketua Umum: Deni Kurniawan As’ari (Banyumas)

  2. Wakil Ketua Umum: Sawali (Kendal)

  3. Sekretaris Umum: Endar Yuniati (Banyumas)

  4. Wakil Sekretaris Umum: Samsudin (Pemalang)

  5. Bendahara Umum: Johan Wahyudi (Sragen)

  6. Wakil Bendahara Umum: Wahono (Grobogan)


Tim formatur juga telah berhasil memilih Ketua dan Sekretaris untuk Divisi: Litbang (Penelitian dan Pengembangan), Penulisan Buku, Karya Tulis Ilmiah (KTI) Penelitian, Karya Tulis Imiah (KTI) Populer, Karya Tulis Fiksi, Penerbitan, Kerjasama AntarLembaga, Advokasi. Dan EDP (ELECTRONIC DATA PROCESSING). (Mohon maaf, draft nama personil untuk setiap divisi tertinggal di LPMP).

Usai pemilihan, acara dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus yang dilakukan oleh Ketua Umum AGUPENA Pusat, Achjar Jalil, dengan pembacaan ikrar. ***

Tulisan lainnya bisa dibaca di sini!

8 komentar:

  1. AGUPENA Jawa Tengah dan Ranah Pemikiran Guru Kreatif | Catatan Sawali Tuhusetya mengatakan...

    [...] Pembentukan dan Pelantikan Pengurus AGUPENA Jawa Tengah [...]

  2. Achmad Bashori, S. Pd mengatakan...

    Selamat Semoga mampi menggugah para guru untuk lebih semangat menulis!!!

  3. Anies Joko P. mengatakan...

    Salut dan bangga ada perkumpulan macam ini. saya engin jadi anggotanya nich. Ya nich gimana bisa naik ke IV B,info sangat minim, gimana caranya?

  4. Sardono Syarief mengatakan...

    Salut atas terbentuknya AGUPENA JATENG! Kiranya buku fiksi hasil juara tingkat naional (pusbuk) bisa diusulkan nilainya untuk syarat kenaikan ke IV/b ndak ,ya? Kalau bisa, berapa besar nilainya?

  5. RIYADI mengatakan...

    Selamat kepada Bapak Deni Kurniawan As'ari Atas Pelantikannya sebagai Ketua. Semoga membawa nuansa kesuksesan tersendiri.
    Selanjutnya kita tunggu ide-ide kreatif dari AGUPENA ...
    Tentu sangat diharapkan tulisan yang terkait dengan profesionalisme seorang guru. Selamat dan Sukses ...
    Pada Kode Etik No. 5. Pengurus dan anggota wajib menyetujui AGUPENA sebagai organisasi yang independen, mandiri, dan non-partisan
    Non Partisan : apa ini berarti membatasi partisipasi keanggotaan?
    Bagaimana agar dapat menjadi anggota aktif???

  6. admin mengatakan...

    @RIYADI,
    terima kasih apresiasinya, pak riyadi. ttg kode etik,
    no. 5 itu, sesungguhnya *kalau saya tak salah tafsir* lebih dimaksudkan utk menjaga jarak antara agupena dan persoalan politik, bukan utk membatasi hak2 anggota.

  7. Bambang TP mengatakan...

    Saya samapaikan apresiasi yang positif buat Agupena Jawa Tengah. Berangkat dari "ketidakpercayaan" saya dengan minimnya guru SMA yang ber-golongan IV/b (tercatat hanya 1,6% dari jumlah total guru SMA se-Jateng), maka saya sangat berharap kiprah dari Agupena untuk minimal 1 tahun ke depan bisa menjembatani kemampuan guru dalam melakukan pengembangan profesi dalam menulis KTI, shg guru SMA yang bergolongan IV/b semakin bertambah banyak. Usul, kalo bisa guru-guru di Jateng yang sudah ber-golongan IV/b bisa di up load di web-nya Agupena Jateng. Tks. :smile:

  8. AGUPENA Jawa Tengah dan Ranah Pemikiran Guru Kreatif | Agupena Jawa Tengah mengatakan...

    [...] Pembentukan dan Pelantikan Pengurus AGUPENA Jawa Tengah [...]

Posting Komentar