Analisis SKL UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2009
Dalam upaya menindaklanjuti hasil workshop Guru Mapel UN SMP dan SMA/SMK, Kabupaten Kendal yang telah digelar di Pendopo Kab. Kendal, 11 Maret 2009, yang lalu, serta dalam rangka menyebarluaskan dan menyosialisasikan hasil TOT Guru SMP Mapel Bahasa Indonesia se-Jawa Tengah di LPMP Jawa Tengah (16-18 Maret 2009), MGMP Bahasa Indonesia SMP Kab. Kendal telah melaksanakan pelatihan bagi Guru Bahasa Indonesia SMP se-Kabupaten Kendal di aula SMA PGRI Kendal pada hari Selasa, 24 Maret 2009. Pelatihan diikuti sekitar 70 orang guru SMP Negeri dan Swasta.Pada acara yang dipandu oleh Ketua MGMP, Sawali, tersebut, dilakukan refleksi terhadap hasil UN Bahasa Indonesia SMP Tingkat Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Kendal. Berdasarkan hasil analisis, diambil 5 soal yang masih rendah daya serapnya, yakni soal yang berkaitan dengan: (1) menentukan gagasan utama dalam tajuk; (2) menentukan watak tokoh dalam novel; (3) menentukan informasi bertentangan; (4) menentukan perbaikan kalimat yang sumbang dalam paragraf; dan (5) menentukan konflik dalam kutipan cerpen.
Kelima soal itulah yang mendapatkan prioritas khusus untuk direfleksi hingga para guru mendapatkan pemahaman konsep yang komprehensif tentang soal-soal yang berkaitan dengan kompetensi tersebut. Berdasarkan hasil refleksi, kelima soal tersebut dinilai memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan soal-soal yang lain.
Perhatikan contoh soal UN tahun 2009 berikut ini!
(1) Menentukan gagasan utama dalam tajuk:
Paket A | Paket B | Bacalah kutipan tajuk berikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 8 s.d. 11! Pengusaha Jepang sudah lima kali berencana berinvestasi ke Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, rencana pengusaha Jepang untuk menanamkan modalnya di Indonesia mencapai 20 miliar dollar AS. Akan tetapi hingga saat ini tidak ada satu pun yang terealisasi. Sekarang bukan saatnya lagi untuk berbangga diri dengan segala hal yang berkaitan dengan seremoni. Investasi jangan diukur dari seremoninya, tetapi dari berapa lama dana benar-benar ditanamkan. Sebenarnya, pengusaha asing bukan tidak ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Hanya saja, mereka lelah karena iklim usaha yang sehat tidak pernah terpenuhi. Di dunia yang makin terbuka, pilihan untuk melakukan investasi begitu lebar. Jika Indonesia tidak mampu mempercantik diri, mereka segera berpindah ke negara lain. Tantangan itu kini berada di tangan kita, bukan pengusaha asing yang mau menanamkan modalnya di sini. Mampukah kita segera bertindak memperbaiki diri? Tanpa itu, lupakan semua janji investasi yang akan kita dapatkan. |
8 | 27 | Gagasan utama tajuk tersebut adalah ... A. Pengusaha Jepang sudah lima kali investasi di Indonesia. B. Sekarang bukan saatnya lagi berbangga diri dengan segala seremoni. C. Pengusaha asing merasa lelah karena iklim usaha yang sehat tidak terpenuhi. D. Investasi jangan diukur dari seremoninya, tetapi berapa lama dana akan ditanam. |
(2) Menentukan watak tokoh dalam novel
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 20 dan 21! Hal inilah yang mengganggu ketenteraman jiwa kawanku ketika surat Mathias yang diterimanya menyatakan bahwa korabn yang sleanjutnya adalah dari kawanku sendiri. Ia terlalu banyak tahu tentang dosa-dosa Mathias. Setiap malam kawanku itu menanti kedatangan Mathias, dengan memikirkan cara menghadapi Mathias. Sampailah akhirnya peristiwa itu. Mathia datang pada suatu malam, ketika hujan rintik-rintik dan kawanku itu menantinya. Suatu hal yang tak terduga Mathius, ialah ketika kawanku itu menyerahkan dirinya bulat-bulat untuk dia bunuh. Menerima hal yang tidak terduga ini, Mathias bersujud di kaki kawanku itu, menangis dan meminta ampun dan rela untuk diperlakukan apa saja. | ||
20 | 3 | Konflik kutipan cerpen tersebut adalah .... A. surat Mathias yang mengabarkan korban selanjutnya B. penantian Mathias pada malam hari C. kedatangan Mathias ketika hujan rintik-rintik D. penyerahan diri kawanku pada Mathias |
21 | 4 | Watak kawanku dalam cerita tersebut adalah ....
|
(3) Menentukan informasi yang bertentangan
6 | 17 | Penanganan masalah penyalahgunaan narkoba tidak dilakukan dengan tuntas. Banyak peristiwa narkoba yang hilang begitu saja tanpa diketahui proses hukum berikutnya. Satu peristiwa yang mengoyak hati masyarakat adalah vonis 20 tahun penjara terhadap terdakwa pemilik hampir 1 ton narkoba yang ditemukan di Teluk Naga. Semestinya vonis yang dijatuhkan kepada pemilik pabrik narkoba tersebut adalah hukuman mati atau seumur hidup. Informasi yang bertentangan pada kutipan teks berita tersebut adalah ... A. Seharusnya vonis hukuman mati atau seumur hidup, kenyataannya lebih ringan dari itu. B. Vonis pemilik hampir 1 ton narkoba adalah hukuman mati atau seumur hidup. C. Banyak peristiwa narkoba yang hilang begitu saja, tanpa proses hukum yang jelas. D. Peredaran gelap narkoba tidak ditangani secara serius sehingga mengoyak hati masyarakat. |
(4) Menentukan perbaikan kalimat yang sumbang dalam paragraf
50 | 23 | Banyak upaya dilakukan untuk memadamkan api. Para petugas pemadam kebakaran merobohkan rumah-rumah yang tidak terbakar di jalur api guna menghentikan penyebaran api. Hal itu tidak disukai oleh para penghuni yang rumahnya tidak tersentuh api. Banyak di antara mereka yang bahkan tidak menyadari bahwa rumah mereka sedang berada dalam bahaya. Perbaikan yang tepat terhadap kalimat yang dicetak miring adalah ...
|
(5) Menentukan konflik dalam kutipan cerpen
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 20 dan 21! Hal inilah yang mengganggu ketenteraman jiwa kawanku ketika surat Mathias yang diterimanya menyatakan bahwa korabn yang sleanjutnya adalah dari kawanku sendiri. Ia terlalu banyak tahu tentang dosa-dosa Mathias. Setiap malam kawanku itu menanti kedatangan Mathias, dengan memikirkan cara menghadapi Mathias. Sampailah akhirnya peristiwa itu. Mathia datang pada suatu malam, ketika hujan rintik-rintik dan kawanku itu menantinya. Suatu hal yang tak terduga Mathius, ialah ketika kawanku itu menyerahkan dirinya bulat-bulat untuk dia bunuh. Menerima hal yang tidak terduga ini, Mathias bersujud di kaki kawanku itu, menangis dan meminta ampun dan rela untuk diperlakukan apa saja. | ||
20 | 3 | Konflik kutipan cerpen tersebut adalah ....
|
Setidaknya, ada beberapa hal yang menyebabkan soal tersebut memiliki tingkat kerumitan tersendiri bagi siswa. Pertama, tingkat keterbacaan teks yang lebih rumit jika dibandingkan dengan kemampuan dan tingkat kejiwaan siswa. Kedua, jawaban pengecoh sama-sama memiliki kemungkinan untuk dipilih sebagai jawaban yang benar. Bisa jadi, bukan hanya siswa yang memiliki jawaban beragam. Guru pun terbukti memiliki jawaban yang berbeda-beda ketika soal tersebut didiskusikan dalam forum.
Hasil analisis ini perlu menjadi bahan masukan, khususnya Puspendik atau penyusun soal agar lebih cermat dan hati-hati dalam memilih teks. Kalau memang ada kutipan teks yang lebih mendidik dan mencerahkan, mengapa mesti memilih teks yang mengandung unsur kriminal dan kekerasan?
Sebagai bahan pembanding, peserta pelatihan juga ditugasi untuk menyusun kisi-kisi dan prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2009 yang akan dibahas pada pertemuan tanggal 31 Maret 2009 di tempat dan waktu yang sama. ***
10 April 2009 pukul 11.47
soal un di indonesia kurang bermutu
21 April 2009 pukul 07.24
oke yang lebih banyak soal un nya,,,,,,,,yang jelas paketnya!
23 April 2009 pukul 22.01
paket? maksudnya apa, mas coy?
23 April 2009 pukul 22.01
hehehe ... bisa jadi memang ada soal2 yang dibuat seperti itu, mbak diah.
23 April 2009 pukul 22.06
hehehe ... kok tahu kalau banyak salahnya, mas david. apa memang sudah dikoreksi bersama?
24 April 2009 pukul 12.12
aku mau kasih saran buat yang buat soal...jangn susah2 o....kami yang jawab ni bisa gila...kalian pengen apoh liat siswa smp di negara ni banyak yang tidak lulus...pikirin aja seandainyah posisi kita di ganti...u siap bgak jawab soal yang super jebak....
31 Juli 2009 pukul 14.17
:?: :oops: kurang pasti low. . . . . .
9 Agustus 2009 pukul 05.35
makasih, pa. sy merasa terbantu.
klo bolg untuk mgmp bahasa inggris punya pak? tlg dikasih tahu alamatnya. makasih
28 Oktober 2009 pukul 03.55
Terima kasih atas informasinya yang berkaitan dengan UN, untuk seacring di sekolah kami. bagus sekali blognya materi yang ada untuk menambah wawasan guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis ICT, pokoke lengkap banget salam deeeh.
12 November 2009 pukul 13.17
kapan nih kita dapat kisi-kisi soal UN 2010 ??? terutama mtk nya ya ! haha ..
3 Desember 2009 pukul 08.29
enak tenann
4 Desember 2009 pukul 16.01
g'mana bangsa maju kalo siswa ujian tapi gga belajar.. sama az boonk donk....
7 Desember 2009 pukul 08.46
seharusnya soal2 bhs.indonesia yg mudah2 saja,dan soalnya jgn panjang2.lz
12 Januari 2010 pukul 21.24
:mrgreen:
hidup udah susah jangan masih mempersulit orang
14 Januari 2010 pukul 07.46
:twisted: BAHASA adalah mata pelajaran yg paling NYEBELIN BGETZZZ,,.!!!!!!
3 Februari 2010 pukul 05.48
tolong saya dikirimin format analisis SKL, karena hal tersebut sangat perlu untuk kamiyang sekolah nya sangat jauh dari sumber informasi
muda mudahan teman teman semua bisa memberikan dalamwaktu dekat.
trims ya
13 Maret 2010 pukul 09.53
b.indonesia adalah pelajaran yg paling aku suka. . . . hehehehe
13 Maret 2010 pukul 10.06
kirimin donk skl b.indonesia y huhuhuhuhuhuhuhuhu :lol:
31 Juli 2010 pukul 07.47
;-) sebagian besar siswa meremehkan pelajaran bahasa Indonesia.
katanya: "Ah, masa bahasanya sendiri harus dipelajari sungguh-sungguh?"
kalo begini... kapan ada siswa yang mau menghargai dirinya sendiri?
menghargai saja tidak, kok berharap bisa menguasai....