Berakhir Sudah Pelatihan Guru Mapel Bahasa Indonesia Itu

Satu tahap lagi persiapan menghadapi Ujian Nasional terlewati. MGMP Bahasa Indonesia SMP bekerja sama dengan Bidang PMPTK (Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan) Dinas Dikpora Kabupaten Kendal yang difasilitasi melalui Bantuan Keuangan Gubernur Jawa Tengah telah menggelar Pelatihan Khusus untuk Guru Bahasa Indonesia Negeri/Swasta se-Kabupaten Kendal. Kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh MGMP lain, baik untuk jejang SMP, SMA, maupun SMK.

Dalam pelatihan tersebut, setidaknya sekitar 80-an peserta terlibat aktif dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga kali pertemuan itu. Hal itu terbukti pada saat diskusi berlangsung, terutama pada pertemuan II dan III yang berlangsung pada hari Selasa, 24 dan 31 Maret 2009. Waktu yang tersedia seolah-olah belum cukup untuk menuntaskan permasalahan yang didiskusikan, terutama yang berkaitan dengan pembahasan soal-soal prediksi Ujian Nasional 2009.

Kegiatan diawali dengan refleksi hasil UN 2008 dan analisis SKL (Stándar Kompetensi Lulusan) 2009. Ada beberapa soal UN 2008 yang dinilai membingungkan siswa karena mutu soal yang konon sudah terstandar itu masih memiliki banyak kekurangan, baik dalam materi soal maupun jawabannya. Selain pemilihan teks yang dinilai kurang kontekstual dan sesuai dengan tingkat perkembangan jiwa siswa, juga ditemukan adanya beberapa item jawaban yang sama-sama memiliki kemungkinan sebagai jawaban yang benar. Walhasil, karena selama ini kunci jawaban UN memang tidak pernah diberikan kepada guru, akhirnya disepakati bahwa jawaban terhadap soal-soal semacam itu sama-sama dibenarkan, tergantung kedalaman dan bobot argumen yang digunakan untuk membedahnya.

pelatihan1pelatihan2pelatihan3pelatihan4
Yang tak kalah menarik adalah ketika rekan-rekan sejaat diberi tugas untuk menyusun soal. Selalu saja ada diskusi yang menarik, baik menyangkut soal materi, struktur, maupun kebahasaan. Untuk menindaklanjuti kegiatan tersebut, para peserta diharapkan menggunakan soal produk pelatihan tersebut sebagai bahan uji coba di sekolah masing-masing. Produk kegiatan ini berupa perangkat soal (dalam bentuk CD) yang dibuat oleh para peserta yang terbagi dalam 5 kelompok (Sukorejo, Weleri, Cepiring, Kendal Barat, dan Kendal Timur).

Semoga kegiatan semacam ini bisa memberikan bekal yang cukup bagi rekan-rekan sejawat dalam mempersiapkan siswa didiknya masing-masing agar benar-benar sukses dalam menempuh ujian nasional yang menurut jadwal akan dilaksanakan pada 27 s.d. 31 April 2009. **

2 komentar:

  1. muid mengatakan...

    semoga latihan pembuatan soal ini banyak manfaatnya dan apa yang di try out-kan nanti hasilnya dapat menjdi ukuran keberhasilan UN. Terus terang saja, kalau hasil pelatihan ini jd di try out-kan sy yakin minim kesalahan bila dibandingkan dengan 2 try out yang lalu,.....maaf ya, Pak.

  2. pak apa egak rumit kalau siswa nya pinda2 mengatakan...

    @pak apa egak rumit kalau siswa nya pinda2,

Posting Komentar