TOT Guru Mapel Bahasa Indonesia

A. Latar Belakang
Tantangan berat yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah rendahnya kualitas hasil pendidikan di Indonesia. Salah satu faktor pendidikan yang dianggap memiliki kontribusi yang sangat signifikan terhadap kualitas pendidikan adalah guru karena mereka memegang peranan yang strategis dan penting dalam proses belajar-mengajar di kelas. Berkaitan dengan hal tersebut, maka upaya peningkatan profesionalisme guru mata pelajaran perlu mendapatkan perhatian serius dan diprioritaskan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Demikian juga halnya dengan profesionalisme guru Bahasa Indonesia Provinsi Jawa Tengah. Kinerja dan profesionalisme mereka perlu terus ditingkatkan sehingga mereka bisa ikut berkiprah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru adalah kegiatan Training of Trainer (TOT) Guru SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan para peserta dapat menambah wawasan pengetahuan dan keilmuan yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk selanjutnya dapat menyebarluaskan pengetahuan dan ilmu yang diperoleh selama mengikuti kegiatan TOT kepada rekan-rekan sejawat di daerah masing-masing.

B. Tujuan
1. Meningkatkan kompetensi dan optimalisasi peran guru, khususnya guru inti/pemandu Bahasa Indonesia SMP kabupaten/kota;
2. Memahami tugas dan fungsi sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang secara berkelanutan dituntut meningkatkan prestasi dan mutu lulusan peserta didik;
3. Menganalisis butir soal UN tahun 2008 dan menyusun prediksi soal berdasarkan kisi-kisi tahun 2009;
4. Menyusun action plan rencana pengembangan hasil kegiatan untuk melaksanakan di tingkat kabupaten/kota melalui MGMP;
5. Mengaplikasikan hasil kegiatan kepada peserta didik dengan harapan dapat bermuara pada peningkatan angka kelulusan Ujian Nasional.

C. Hasil yang Diharapkan
1. Terjadi peningkatan kemampuan, keterampilan, dan dedikasi para pengelola sekolah sehingga tercapai peningkatan mutu pendidikan di sekolah;
2. Peningkatan keterampilan analisis dan evaluasi serta prediksi soal UN berdasarkan kisi-kisi yang sudah ditentukan;
3. Terlaksananya desentralisasi yang efektif dan bermutu dalam bidang pendidikan.

D. Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan TOT adalah Guru SMP Mapel Bahasa Indonesia se-Jawa Tengah yang dibagi dalam 3 angkatan dan masing-masing angkatan sebanyak 41 orang.

E. Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan TOT dilaksanakan pada tanggal 16 s.d. 18 Maret 2009 di LPMP Jawa Tengah, Jalan Kyai Mojo Srondol Semarang.

F. Peserta dari Kabupaten Kendal
Peserta kegiatan TOT dari Kabupaten Kendal terdiri atas 3 orang, antara lain:
1. Drs. Sawali, M.Pd. (SMPN 2 Pegandon);
2. Agus Suwanto, S.Pd. (SMPN 3 Patebon);
3. Drs. Ch. Susanto (SMPN 2 Sukorejo).

G. Metode
Kegiatan TOT Guru SMP Mapel Bahasa Indonesia se-Jawa Tengah dilaksanakan dengan menggunakan metode:
1. Ceramah dan tanya jawab;
2. Diskusi kelompok;
3. Presentasi hasil diskusi;
4. Tugas/praktik/latihan.

H. Piagam Penghargaan
Peserta yang mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir mendapatkan piagam penghargaan (sertifikat) dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

I. Narasumber
1. Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah;
2. Praktisi pendidikan (pengaas SMP, guru SMP, Dinas Pendidikan kota Semarang);
3. Widyaiswara LPMP Jawa Tengah.

J. Pembiayaan
Biaya kegiatan TOT dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2009 melalui DPA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah No.: 39/DPA-2008 tanggal 30 Desember 2008.

K. Struktur Program
1 Upacara Pembukaan
2 Kebijakan Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan = 2 Jpl
3 Pengarahan Program = 1 Jpl
4 Refleksi Hasil UN dan Analisis Daya Serap UN Tahun 2007/2008 = 2 Jpl
5 Analisis SKL UN Tahun 2007/2008 = 2 Jpl
6 Teknis Penulisan Kisi-kisi dan Butir Soal = 6 Jpl
7 Penulisan Prediksi Soal UN Berdasarkan Kisi-kisi 2009 = 8 Jpl
8 Pembuatan Action Plan di Tingkat Kabupaten/Kota = 2 Jpl
9 Presentasi Hasil Diskusi Kelompok = 2 Jpl
10 Umpan Balik Kegiatan = 2 Jpl
11 Rencana Kegiatan Tindak Lanjut (RKTL) = 2 Jpl
Jumlah seluruhnya = 30 Jpl.

L. Produk Kegiatan
Produk kegiatan yang diperoleh peserta kegiatan TOT, antara lain:
1. CD materi kegiatan dari narasumber (soft-copy);
2. Kisi-kisi dan bank soal prediksi UN Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP (soft-copy).

M. Action Plan
Berdasarkan hasil kegiatan TOT, Tim Guru SMP Mapel Bahasa Indonesia Kabupaten Kendal telah menyusun rencana tindak lanjut hasil TOT berupa Pelatihan Guru Mapel Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal sebagai berikut:
1. Materi, Waktu dan Tempat Kegiatan:
a. Upacara Pembukaan, kebijakan pengembangan pendidikan dan Tenaga Kependidikan, serta pengarahan program oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kendal (telah dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2009 di Pendopo Kabupaten Kendal).
b. Refleksi Hasil UN dan Analisis Daya Serap UN Tahun 2007/2008, Analisis SKL UN Tahun 2007/2008, Teknis Penulisan Kisi-kisi dan Butir Soal (dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan, yakni tanggal 24 dan 31 Maret 2009 di SMA PGRI Kendal)

2. Sasaran Kegiatan:
Sasaran kegiatan pelatihan Guru Mapel Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal Tahun 2009 adalah seluruh guru kelas IX mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP negeri/Swasta sebanyak 80 peserta (setiap sekolah mengirimkan 1 peserta).

3. Narasumber:
Narasumber kegiatan pelatihan Guru Mapel Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal Tahun 2009 adalah Ketua MGMP dan 2 guru pemandu yang mengikuti kegiatan TOT tingkat Provinsi Jawa Tengah, antara lain:
a. Drs. Sawali, M.Pd. (SMPN 2 Pegandon);
b. Agus Suwanto, S.Pd. (SMPN 3 Patebon);
c. Drs. Ch. Susanto (SMPN 2 Sukorejo).

4. Jadwal Kegiatan dan Narasumber
Selasa, 24 Maret 2009

  • Refleksi Hasil UN dan Analisis Daya Serap UN Tahun 2007/2008 (Drs. Sawali, M.Pd.) = 2 Jpl

  • Analisis SKL UN Tahun 2007/2008 (Drs. Sawali, M.Pd.) = 2 Jpl

  • Teknis Penulisan Kisi-kisi dan Butir Soal (Drs. Ch. Susanto ) = 6 Jpl


Selasa, 31 Maret 2009

  • Penulisan Prediksi Soal UN Berdasarkan Kisi-kisi 2009 (Agus Suwanto, S.Pd.) = 8 Jpl

  • Presentasi Hasil Diskusi Kelompok (Agus Suwanto, S.Pd.) = 2 Jpl


***

3 komentar:

  1. muid mengatakan...

    Pelatihan pembuatan soal UN menurut saya perlu sekali sebab manfaatnya tidak hanya untuk kepentingan UN/try out tetapi juga bekal untuk membuat soal-soal selain try out UN. Maaf ... hasil pelatihan ini jika di-try out-kan sy kira lebih minim dr kesalahan drpd try out 1 dan 2. trim.

  2. azies mengatakan...

    aq suka dengan yang ada diblog ini tapi ada yang kurang karena yang aq butuhkan tidak ada yaitu program tahunan dan laporan dari semester 1 sampai dengan semester 2....... :cry:

  3. admin mengatakan...

    terima kasih masukannya, pak azies. mudah2an kami segera mendapatkan bahan yang bapak maksudkan itu. salam sukses, pak.

Poskan Komentar