Lomba Cipta Puisi dan Cerpen Tahun 2009 untuk Siswa SMP

Dalam rangka memberikan kesempatan berkreasi dan mengembangkan potensi siswa SMP di bidang sastra, Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan kegiatan lomba cipta puisi dan cerpen Tahun 2009. Event tersebut diharapkan mampu menjembatani berbagai kegiatan seni, khususnya sastra, serta mampu mengangkat potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat memberikan prestasi dan kebanggaan bagi dunia pendidikan pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Adapun tujuan diselenggarakannya lomba tersebut, antara lain: (1) menggali dan mengakomodasi kreativitas siswa SMP/MTs dalam menciptakan puisi dan cerpen; (2) memberikan dorongan kepadsa para siswa SMP/MTs dalam upaya pembinaan dan penyaluran bakat seni, khususnya puisi dan cerpen di kalangan pelajar; dan (3) meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, rasa cinta tanah air, dan saling menghargai antarsesama pelajar.

Lomba tersebut dilaksanakan secara berjenjang, mulai tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, hingga nasional, dengan ketentuan sebagai berikut:

A. Lomba Cipta Puisi Balada

1.   Tema:

Tema lomba cipta puisi balada adalah terbuka/bebas, bergantung pada kebijakan panitia di setiap daerah/tingkat lomba.

2. Persyaratan Tulisan

Persyaratan tulisan yang diajukan peserta lomba cipta puisi balada adalah:

a.     Ditulis dalam bahasa Indonesia;

b.     Isi tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan tata nilai dan norma kehidupan dalam masyarakat;

c.      Asli, bukan terjemahan/saduran, belum pernah dilombakan/dipublikasikan;

d.     Diketik rapi dalam kertas HVS ukuran kuarto/A4 dengan jarak baris 1,5 spasi sebanyak 1-2 halaman;

e.      Sampul karangan: cap sekolah, tanda tangan kepala sekolah yang bersangkutan; sekolah boleh mengirimkan tiga karangan terbaik;

f.       Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan panitia.

3.   Mekanisme

Lomba cipta puisi balada dilaksanakan secara berjenjang: tingkat sekolah => kabupaten/kota => provinsi => nasional dengan tetenuan sebagai berikut:

a.     Panitia menetapkan tema/topik lomba untuk setiap jenjang/tingkat;

b.     Panitia menetapkan pemenang/peserta terbaik untuk diikutkan pada jenjang berikutnya;

c.      Panitia tingkat sekolah memberitahukan sebelumnya tema lomba kepada peserta lomba;

d.     Panitia tingkat kabupaten/kota dan provinsi diberi kebebasan apakah tema lomba diberitahukan sebelumnya atau tidak kepada peserta, bergantung pada situasi dan kondisi setempat.

Catatan:

Jika lomba diberitahukan secara mendadak pada saat pelaksanaan lomba, peserta diminta membuat puisi (dengan tulis tangan) sesuai dengan tema, waktu, dan tempat yang ditetapkan.

e.      Panitia tingkat nasional memberitahukan tema lomba kepada peserta pada saat pelaksanaan lomba (mendadak), kemudian peserta membuat puisi (dengan tulis tangan) dalam waktu, dan tempat yang ditetapkan (alam terbuka);

f.       Panitia membentuk dewan juri di semua tingkat untuk menilai dan menetapkan juara/peserta terbaik, dengan persyaratan:

1) Mampu dan menguasai bidang yang dilombakan;

2) Dapat berlaku adil (tidak memihak kepada siapa pun);

3) Bersedia melaksanakan tugas sesuai jadal lomba;

4) Bersedia memberikan hasil penilaian/penjurian yang dilakukan.

g.     Panitia menerbitkan surat keputusan (SK) pemenang lomba sesuai dengan berita acara yang ditetapkan oleh dewan juri.

4. Penilaian

Penilaian hasil lomba puisi balada dilakukan dari segi kesesuaian dengan tema, pemakaian bahasa, sarana retorika, isi/makna, dan kreativitas dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

a.     Kesesuaian dengan tema

Hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian aspek kesesuaian dengan tema, antara lain:

-         kesesuaian isi dengan judul;

-         kesesuaian isi dengan tema/topik yang ditetapkan oleh panitia.

b.     Pemakaian bahasa

Hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian aspek pemakaian bahasa, antara lain:

-         ketepatan pemilihan kata, rima, ungkapan, dan kalimta;

-         kegunaan pemilihan kata dan kalimat dalam perwujudan gagasan dan pengembangan imajinasi.

c.      Sarana retorika

Hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian aspek retorika, antara lain:

-         kekuatan menghidupkan imajinasi (citraan, bayangan) melalui pemakaian bahasa;

-         kesesuaian dan ketepatan pemakaian majas (metafora) atau makna spesifik yang mempunyai daya bayang bagi pembaca.

d.     Isi/makna

Hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian aspek isi/makna, antara lain:

-         kesesuaian gagasan dengan tema;

-         kewajaran pengembangan gagasan;

-         nilai-nilai kehidupan/budaya.

e.      Kreativitas

Hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian aspek kreativitas, antara lain:

-         gagasan baru (khas) dan cara pengungkapan gagasan yang dikemukakan;

-         bentuk (tipografi) dan aspek lain yang memperlihatkan adanya inovasi.

LAMPIRAN:

LEMBAR PENILAIAN


LOMBA CIPTA PUISI SISWA SMP TAHUN 2009














































No.



Aspek yang Dinilai



Nilai 10-100



Bobot



Jumlah



1


Isi

3



2


Bahasa

3



3


Daya puitis

2



4


Penyajian

2



Total









Catatan:...................... 2009Penilai

B. Lomba Cipta Cerpen Berbahasa Indonesia

1.   Tema:

Tema lomba cipta cerpen muatan lokal ini berkisar pada kehidupan bermasyarakat yang mengungkapkan dan mempercakapkan nilai-nilai kehidupan tradisional (muatan lokal), seperti mitologi, legenda, fabel, kepercayaan, serta adat-istiadat daerah/etnik setempat dengan "sentuhan baru" atau teknik penyajian yang khas.

2. Persyaratan Tulisan/Karangan

Persyaratan tulisan yang diajukan peserta lomba cipta cerpen muatan lokal adalah:

a.     Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia;

b.     Cerpen harus asli, bukan terjemahan/saduran, belum pernah dilombakan/dipublikasikan;

c.      Isi cerpen sesuai dengan tata nilai agama dan norma kehidupan dalam masyarakat;

d.     Cerpen ditulis rapi dalam kertas bergaris sebanyak 1.000-1.200 kata atau 5-6 halaman;

e.      Cerpen ditulis saat lomba berlangsung di setiap jenjang lomba.

f.       Sampul depan diberi identitas seperti Lampiran I.

3.   Juri

a.     Lomba Tingkat Sekolah:

Dewan juri lomba tingkat sekolah terdiri atas tiga orang guru bahasa sekolah yang bersangkutan atau sekolah lain.

b.     Lomba Tingkat Kabupaten

Untuk lomba tingkat kabupaten/kota, dewan juri terdiri atas 3 atau 5 orang. Anggota dewan juri terdiri atas pengawas/instruktur, guru, atau person yang kompeten.

Syarat-syarat anggota dewan juri lomba tingkat kabupaten/kota adalah sebagai berikut:

1)      Minimal sarjana pendidikan bahasa atau praktisi yang kompeten;

2)    Pernah menjadi juri lomba sekurang-kurangnya pada tingkat rayon;

3)     Mampu bersikap adil (independen).

c.      Lomba Tingkat Provinsi

Untuk lomba tingkat provinsi, dewan juri terdiri atas 3 atau 5 orang. Anggota dewan juri terdiri atas pengawas/instruktur, guru, dosen, atau person yang kompeten.

Syarat-syarat anggota dewan juri lomba tingkat provinsi adalah sebagai berikut:

1)      Minimal sarjana pendidikan bahasa atau praktisi yang kompeten;

2)    Pernah mengajar mata pelajaran bahasa;

3)     Pernah menjadi juri lomba sekurang-kurangnya pada tingkat kabupaten/kota;

4)    Mampu bersikap adil (independen).

d.     Lomba Tingkat Nasional

Untuk lomba tingkat nasional, dewan juri babak kualifikasi terdiri atas tiga orang, yaitu 1 pengawas/instruktur, 1 dosen, dan 1 praktisi yang kompeten. Untuk babak final, dewan juri terdiri atas 5 orang, yaitu pengawas/instruktur, 2 dosen, dan 2 praktisi yang kompeten.

Syarat-syarat anggota dewan juri lomba tingkat nasional adalah sebagai berikut:

1)      Minimal sarjana pendidikan bahasa atau praktisi yang kompeten;

2)    Pernah mengajar bahasa;

3)     Pernah menjadi juri lomba sekurang-kurangnya pada tingkat provinsi;

4)    Mampu bersikap adil (independen).

4. Penilaian

Penilaian hasil lomba cipta cerpen dilakukan dari segi tokoh/penokohan, alur, latar, bahasa, isi, kreativitas, serta kesesuaian isi dengan tema yang sudah ditetapkan (lihat Lampiran II).

LAMPIRAN II

Sampul Depan Karangan



Sampul depan karangan memuat:

1.      judul cerpen;

2.     nama siswa;

3.     jenis kelamin;

4.     tempat dan tanggal lahir;

5.     kelas;

6.     sekolah;

7.     alamat sekolah, kode pos, dan telepon;

8.     alamat rumah, kode pos, dan telepon.

LAMPIRAN II

LEMBAR PENILAIAN


LOMBA CIPTA CERPEN BERBAHASA INDONESIA


SISA SMP TAHUN 2009



































































No.



Aspek yang Dinilai



Nilai 10-100



Bobot



Jumlah



1


Kesesuaian isi dengan tema

1



2


Tokoh/penokohan

1



3


Alur

1



4


Latar

1



5


Bahasa

2



6


Isi

1



7


Kreativitas

3



Total









Catatan:...................... 2009Penilai

Catatan:
Berdasarkan rapat koordinasi pada hari Rabu, 15 April 2009, khusus pelaksanaan lomba cipta puisi dan cerpen untuk tingkat Kab. Kendal, terdapat beberapa ketentuan tambahan sebagai berikut:

  1. Setiap sekolah mengirimkan satu peserta (putra atau putri) untuk lomba cipta puisi dan cerpen.

  2. Naskah lomba, baik cipta puisi maupun cerpen, dibuat di tempat lomba pada kertas folio bergaris.

  3. Lomba cipta puisi dan cerpen berlangsung di SMP 1 Kendal, 23 April 2009 (pukul 07.30 s.d. selesai).

  4. Penilaian lomba akan dilakukan dewan juri berdasarkan naskah tertulis dan wawancara di tempat lomba.

  5. Penghargaan pemenang:



  • Pemenang I berhak mewakili Kab. Kendal di tingkat provinsi.

  • Pemenang I, II, dan III, berhak mendapatkan piala dan sertifikat.

  • Pemenang harapan I dan II berhak mendapatkan sertifikat.

  • Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


Admin

13 komentar:

  1. nyah wiek mengatakan...

    aduh den baguuuusss... :shock: trs lombane ki kapan? jadwal, tempat, ketentuan-ketentuan lain py? :mrgreen: kok ikut-ikutan CALEG suka gak cetho gitu to... :oops:

  2. admin mengatakan...

    @nyah wiek,
    hehehe ... sekarang kan dah ada update terbaru toh, yu, hehe ...

  3. Hasil Lomba Cipta Cerpen dan Puisi Siswa SMP Kab. Kendal Tahun 2009 | MGMP BAHASA INDONESIA SMP mengatakan...

    [...] Kendal pada hari Kamis, 23 April 2009 (pukul 08.00 s.d. 16.30 WIB). Sebagaimana kami tulis di sini, lomba tersebut digelar secara berjenjang, mulai tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, dan nasional. [...]

  4. alice mengatakan...

    Lomba begini ni yang mesti banyak diadakan. Supaya siswa lebih peka terhadap seni, so diharapkan bisa menjadi sarana mengembangkan minat dan bakat yg sepertinya kurang mendapat perhatian ni dari pemerintah. Aq setuju banget kalo lomba kayak gini dilakukan 2 kali dlm setahun hehehe.

  5. admin mengatakan...

    wah, masukan yang bagus. semoga terbaca oleh para pengambil kebijakan. kami juga setuju banget.

  6. dermakenzhy mengatakan...

    wah makasih yah atas pengumumannya
    masukan untuk aku
    biar aku bisa ikut lomba ini nantinya :grin:

  7. admin mengatakan...

    yaps, sama-sama. makasih juga dah berkunjung.

  8. Nadia Sandy mengatakan...

    :razz: Wah,bagus banget akhirnya ketemu juga lomba cerpen buat anak SMP-nya!Hehe...masalahnya sudah muter-muter di google baru ketemu ini saja yang sesuai minat!

  9. admin mengatakan...

    terima kasih bu nadia atas apresiasinya.

  10. Fafa mengatakan...

    maksud'a sampai tanggal berapa ??

  11. Fafa mengatakan...

    samapi tanggal berapa ??

  12. alice mengatakan...

    @alice,
    Ada info kah untuk lomba cipta cerpen tingkat nasional??? murid saya ada yang berbakat dalam tulis cerpen, saya ingin membantu dia meraih sukses tingkat nasional. Kalo ada bagaimana caranya ya??? tolong info dunk.

  13. Putri mengatakan...

    tanggal berapa acaranya ?

Poskan Komentar