Integrasi Pendidikan Karakter ke dalam Materi dan Proses Pembelajaran (Bagian II)

PKProses pengembangan nilai-nilai yang menjadi landasan dari karakter itu menghendaki suatu proses yang berkelanjutan, dilakukan melalui berbagai mata pelajaran yang ada dalam kurikulum (kewarganegaraan, sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, bahasa Indonesia, IPS, IPA, matematika, agama, pendidikan jasmani dan olahraga, seni, serta ketrampilan). Dalam mengembangkan pendidikan karakter bangsa, kesadaran akan siapa dirinya dan bangsanya adalah bagian yang teramat penting. Kesadaran tersebut hanya dapat terbangun dengan baik melalui sejarah yang memberikan pencerahan dan penjelasan mengenai siapa diri bangsanya di masa lalu yang menghasilkan dirinya dan bangsanya di masa kini. Selain itu, pendidikan harus membangun pula kesadaran, pengetahuan, wawasan, dan nilai berkenaan dengan lingkungan tempat diri dan bangsanya hidup (geografi), nilai yang hidup di masyarakat (antropologi), sistem sosial yang berlaku dan sedang berkembang (sosiologi), sistem ketatanegaraan, pemerintahan, dan politik (ketatanegaraan/politik/ kewarganegaraan), bahasa Indonesia dengan cara berpikirnya, kehidupan perekonomian, ilmu, teknologi, dan seni. Artinya, perlu ada upaya terbsan kurikulum berupa pengembangan nilai-nilai yang menjadi dasar bagi pendidikan budaya dan karakter bangsa. Dengan terbsan kurikulum yang demikian, nilai dan karakter yang dikembangkan pada diri peserta didik akan sangat kokoh dan memiliki dampak nyata dalam kehidupan diri, masyarakat, bangsa, dan bahkan umat manusia.

Pendidikan budaya dan karakter bangsa dilakukan melalui pendidikan nilai-nilai atau kebajikan yang menjadi nilai dasar budaya dan karakter bangsa. Kebajikan yang menjadi atribut suatu karakter pada dasarnya adalah nilai. Oleh karena itu pendidikan budaya dan karakter bangsa pada dasarnya adalah pengembangan nilai-nilai yang berasal dari pandangan hidup atau ideologi bangsa Indonesia, agama, budaya, dan nilai-nilai yang terumuskan dalam tujuan pendidikan nasional.

PETA    NILAI    PENDIDIKAN    BUDAYA    DAN    KARAKTER    BANGSA BERDASARKAN MATA PELAJARAN

Berikut adalah gambaran keterkaitan antara mata pelajaran dengan nilai yang dapat dikembangkan untuk pendidikan budaya dan karakter bangsa.

JENJANG PENDIDIKAN DASAR
MATA PELAJARAN JENJANG KELAS
1 - 3 4 - 6 7 - 9
PENDIDIKAN

KEWARGA-

NEGARAAN (PKn)
Cinta tanah air

Bersahabat

Komunikatif

Senang membaca

Peduli sosial

Peduli lingkungan,

Jujur

Toleran

Disiplin

Kreatif

Rasa ingin tahu

Percaya

Respek

Bertanggung jawab

Saling berbagi
Semangat kebangsaan

Cinta tanah air

Menghargai Prestasi

Bersahabat

Komunikatif

Cinta Damai

Senang membaca

Peduli sosial

Peduli lingkungan,

Religius

Jujur

Toleran

Disiplin

Kerja keras

Kreatif

Mandiri

Demokratis

Rasa ingin tahu

Percaya

Respek

Bertanggung jawab

Saling berbagi
Semangat kebangsaan

Cinta tanah air

Menghargai Prestasi

Bersahabat

Komunikatif

Cinta Damai

Senang membaca

Peduli sosial

Peduli lingkungan,

Religius

Jujur

Toleran

Disiplin

Kerja keras

Kreatif

Mandiri

Demokratis

Rasa ingin tahu

Percaya

Respek

Bertanggung jawab

Saling berbagi
BAHASA

INDONESIA
•    Religius

•    Jujur

•    Toleransi

•    Disiplin

•    Kerja Keras

•    Kreatif

•    Mandiri

•    Demokratis

•    Rasa Ingin Tahu

•    Semangat Kebangsaan

•    Cinta Tanah Air

•    Menghargai Prestasi

•    Bersahabat/Komunikatif

•    Cinta Damai

•    Peduli Sosial

•    Peduli
Lingkungan

•    Berani *

•    Kritis *

•    Terbuka *

•    Humor *

•    Kemanusiaan*
Religius

Jujur

Toleransi

Disiplin

Kerja Keras

Kreatif

Mandiri

Demokratis

Rasa Ingin Tahu

Semangat Kebangsaan

Cinta Tanah Air

Menghargai Prestasi

Bersahabat/ Komunikatif

Terbuka *
•       Religius

•       Jujur

•       Toleransi

•       Disiplin

•       Kerja keras

•       Kreatif

•       Mandiri

•       Demokrasi

•       Rasa Ingin Tahu

•       Cinta Tanah Air

•       Menghargai Prestasi

•       Bersahabat/ Komunikatif

•       Cinta Damai

•       Peduli Sosial

•       Peduli
Lingkungan

•       Kritis

•       Terbuka

•       Kemanusiaan

•       Optimis
MATEMA-

TIKA
Teliti

Tekun

Kerja keras

Rasa ingin tahu

Pantang menyerah
Teliti

Tekun

Kerja keras

Rasa ingin tahu

Pantang menyerah
Teliti

Kreatif

Patang menyerah

Rasa ingin Tahu
IPS Religius

Toleransi

Kerja keras

Kreatif

Bersahabat/ komunikatif

Kasih sayang

Rukun (persatuan)

Tahu diri

Penghargaan

Kebahagiaan

Kerendahan hati
Religius

Toleransi

Disiplin

Kreatif

Demokratis

Rasa ingin tahu

Semangat kebangsaan

Menghargai prestasi

Bersahabat

Senang membaca

Peduli lingkungan
Religius

Jujur

Toleransi

Disiplin

Kerja keras

Kreatif

Mandiri

Rasa ingin tahu

Cinta tanah air

Menghargai prestasi

Bersahabat

Senang membaca

Peduli sosial

Peduli lingkungan
IPA Peduli kesehatan

Nilai intelektual

Religius

Empati

Mandiri

Disiplin

Toleransi

Hati-hati

Bersahabat/ komunikasi

Peduli sosial

Tanggung jawab

Peduli lingkungan

Nilai susila

Rasa ingin tahu

Senang membaca

Estetika

Teliti

Menghargai prestasi

Pantang menyerah

Terbuka

Jujur

Cinta damai

Objektif

Hemat

Percaya diri
Peduli kesehatan

Nilai intelektual

Religius

Empati

Mandiri

Disiplin

Toleransi

Hati-hati

Bersahabat/komunikasi

Peduli sosial

Tanggung jawab

Peduli lingkungan

Nilai susila

Kerja keras

Rasa ingin tahu

Senang membaca

Estetika

Kreatif

Teliti

Skeptis

Menghargai prestasi

Pantang menyerah

Terbuka

Jujur

Cinta damai

Objektif

Hemat

Percaya diri
Peduli kesehatan

Nilai intelektual

Religius

Empati

Mandiri

Disiplin

Toleransi

Hati-hati

Bersahabat/komunikasi

Peduli sosial

Tanggung jawab

Peduli lingkungan

Nilai susila

Kerja keras

Rasa ingin tahu

Senang membaca

Estetika

Nilai ekonomi

Kreatif

Teliti

Skeptis

Menghargai prestasi

Pantang menyerah

Terbuka

Jujur

Cinta damai

Objektif

Hemat

Percaya diri

Cinta tanah air

JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
MATA PELAJARAN NILAI BERDASARKAN JENJANG KELAS
10 - 12
PKn •       Semangat Kebangsaan

•       Cinta Tanah air

•       Menghargai Prestasi

•       Bersahabat

•       Komunikatif

•       Cinta Damai

•       Senang membaca

•       Peduli sosial

•       Peduli lingkungan,

•       Religius

•       Jujur

•       Toleran

•       Disiplin

•       Kerja keras/cerdas

•       Kreatif

•       Mandiri

•       Demokratis

•       Rasa ingin tahun Percaya

•       Respek,

•       Bertanggung jawab

•       Saling berbagi
BAHASA INDONESIA •       Religius

•       Jujur

•       Toleransi

•       Disiplin

•       Kerja Keras

•       Kreatif

•       Mandiri

•       Demokratis

•       Rasa Ingin Tahu

•       Semangat Kebangsaan

•       Cinta Tanah Air

•       Menghargai Prestasi

•       Bersahabat/Komunikatif

•       Cinta Damai

•       Peduli Sosial

•       Peduli Lingkungan

•       Berani *

•       Kritis *

•       Terbuka *

•       Humr *

•       Kemanusiaan*
MATEMATIKA •       Teliti

•       Kreatif

•       Pantang menyerah

•       Rasa ingin Tahu
SEJARAH •       Semangat Kebangsaan

•       Cinta Tanah Air

•       Mengharagai Prestasi

•       Bersahabat/Komunikatif

•       Cinta Damai

•       Senang Membaca

•       Peduli Sosial

•       Peduli Lingkungan

•       Religius

•       Jujur

•       Toleransi

•       Disiplin

•       Kerjakeras

•       Kreatif

•       Mandiri

•       Demokratis

•       Rasa Ingin Tahu
BIOLOGI •       Peduli Kesehatan

•       Religius

•       Mandiri

•       Toleransi

•       Bersahabat/komunikatif

•       Peduli sosial

•       Tanggungjawab

•       Peduli lingkungan
FISIKA •       Rasa ingin tahu

•       Senang membaca

•       Semangat kebangsaan

•       Jujur

•       Peduli lingkungan

•       Toleransi

•       Cinta damai

•       Kerja keras

•       Berani

•       Kreatif
EKONOMI •       Jujur

•       Peduli sosial

•       Rasa ingin tahu

•       Kreatif

•       Mandiri

•       Cinta tanah air

•       Kerja keras

•       Disiplin

•       Semangat kebangsaan

•       Demokratis
GEOGRAFI •       Semangat kebangsaan,

•       Cinta tanah air,

•       Menghargai prestasi,

•       Bersahabat,

•       Cintai damai,

•       Senang membaca,

•       Peduli sosial,

•       Peduli lingkungan,

•       Religius,

•       Jujur,

•       Toleransi,

•       Disiplin,

•       Kerja keras,

•       Kreatif,

•       Mandiri,

•       Demokratis,

•       Rasa ingin tahu
BAHASA INGGRIS •       Bersahabat

•       Komunikatif,

•       Peduli sosial

•       Rasa ingin tahu

•       Demokratis

•       Mandiri

•       Kerja keras

•       Disiplin

•       Senang membaca
KIMIA •       Rasa Ingin tahu

•       Jujur

•       Peduli lingkungan

•       Senang membaca

•       Kritis

•       Kreatif

•       Toleran

•       Peduli sosial

•       Religius

•       Disiplin

•       Komunikatif

•       Mandiri

•       Peduli sosial

•       Cinta tanah air

•       Cinta damai
SOSIOLOGI •       Bersahabat/

•       Komunikasitif,

•       Cinta Damai,

•       Peduli Sosial,

•       Peduli Lingkungan,

•       Religius,

•       Toleransi,

•       Disiplin,

•       Kerja Keras,

•       Kreatif,

•       Demokratis, dan

•       Rasa Ingin Tahu



STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, NILAI, DAN INDIKATOR MATA PELAJARAN

Setiap Kompetensi Dasar memiliki kemampuan mengembangkan satu atau lebih nilai dan setiap nilai memiliki satu atau lebih Indikator. Berikut ini adalah peta yang menggambarkan keterkaitan antara KD dan SD dengan nilai dan Indikator untuk nilai terkait.

Dalam pengembangan silabus pada awal tahun atau awal semester, guru dapat menggunakan contoh berikut ini untuk merencanakan pengembangan nilai terkait untuk semester yang akan dilaksanakan atau tahun akademik yang akan dilaksanakan. Guru memiliki kebebasan dalam menambah, mengurangi bahkan mengembangkan sendiri Indikator yang akan digunakan.





SK/KD, Nilai, dan Indikator SMP
Mata

Pelajaran
Standar

Kompetensi
Kompetensi

Dasar
Nilai



Indikator
7 - 9
Pendidikan Kewarganegaraan

(PKn)
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mendeskripsikan hakekat norma- norma,kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang

berlaku dalam masyarakat.
Semangat kebangsaan Mengumpulkan beberapa gambar dan pakaian adat di Indnesi dan membahasnya dalam tugas Pekerjaan Rumah
Rasa ingin

tahu
Mengikuti lomba cerdas cermat tentang adat istiadat di sekolah
Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warganegara Rasa ingin tahu Mewakili sekolah dalam lomba cerdas cermat tentang hukum di luar sekolah
Menerapkan norma-norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara Kreatif Menarikan salah satu tarian daerah dalam peringatan 17 Agustus di Sekolah
Menerapkan norma-norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara Bersahabat Menerima dan mau bergaul dengan teman yang berbeda agama
Mendeskripsikan makna Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama Menjelaskan makna Proklamasi kemerdekaan Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama Cinta tanah air Turut aktif didalam memperingati detik-detik Proklamasi di sekolah
Menjelaskan makna Proklamasi kemerdekaan Menganalisis hubungan antara Proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945 Rasa ingin tahu Mencari berbagai sumber di luar buku pelajaran tentang Pancasila dan UUD 1945
Mendeskripsi-kan suasana kebatinan konstitusi pertama Menunjukkan sikap positif terhadap makna Proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama. Kreatif Memprakarsai kegiatan untuk memahami makna Proklamasi bagi para pemimpin bangsa yang melahirkan UUD 1945
Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM) Menguraikan hakikat, hukum, dan kelembagaan HAM Peduli sosial Membantu kegiatan lembaga HAM dalam kampanye tentang HAM kepada masyarakat
Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM) Mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya perlindungan HAM Rasa ingin tahu Mewawancarai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam kaitannya dengan penegakan HAM
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik Ingin tahu Mengajukan pertanyaan untuk memperoleh penjelasan tentang gejala alam biotik dan abiotik
Kerja keras Memilah data hasil pengamatan yang relevan dan tidak relevan secara teliti untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
Jujur Melaporkan hasil pengamatan sesuai data / fakta yang diperoleh
Disiplin Format dan teknik pelaporan mengikuti kaidah dan aturan yang telah ditetapkan dalam tugas
Demokratis Menerima adanya perbedaan pendapat tentang hasil pengamatan
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan Mandiri Dapat menggunakan mikroskop serta Peralatan pendukungnya tanpa lagi dibantu guru
Menghargai prestasi Menunjukkan pengakuan /apresiasi terhadap mutu hasil kerja teman
Bekerja keras Mencoba berbagai upaya untuk memperoleh jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan
Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam Disiplin Menggunakan mikroskop dan peralatan lainnya secara hati-hati sesuai prosedur
Memahami Prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya Senang membaca Mendapatkan informasi melalui kegiatan membaca tentang besaran pokok dan besaran turunan
Rasa ingin tahu
  • Mengajukan pertanyaan untuk mengetahui besaran pokok dan besaran turunan
  • Melakukan pengamatan untuk mengetahui besaran pokok dan besaran turunan

Semangat

kebangsaan
Bangga akan satuan tradisional
Jujur Menyimpulkan hasil pengamatan tentang besaran pokok dan besaran turunan dengan benar (jujur)
Berani Mau menjelaskan besaran pokok dan besaran satuan beserta satuannya
Mendeskripsikan

pengertian suhu

dan pengukurannya
Berani Berani menjelaskan secara benar dengan bahasa sendiri.
Kreatif Kreatif menyusun kalimat yang benar dan dapat dimengerti.
Jujur Mengkomunikasika n hal yang dipahami dengan benar (jujur) baik secara lisan maupun tulisan
Peduli

lingkungan
Memperhatikan keselamatan jiwa dan keselamatan alat (seafty) dalam menyusun prosedur.
Disiplin Menggunakan syarat-syarat khusus dalam mengukur suhu (taat azaz).
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Memahami masalah Penyimpangan sosial. Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat Kritis Menunjukkan kesadaran akan dampak negatif dari penyakit sosial (miras, narkba, judi, seks bebas, PSK dll) akibat penyimpangan sosial di keluarga dan masyarakat
Disiplin Menunjukkan kewaspadaan dan menjauhi perilaku yang cenderung mengarah ke bentuk patologi sosial yang ada di lingkungan sekitar
Peduli sosial Menunjukkan sikap menghindari perilaku yang Mengandung penyakit sosial dan merugikan diri sendiri dan meresahkan masyarakat.
Rasa ingin tahu Mencari informasi tentang upaya-upaya menangulangi dan mencegah penyakit sosial yang diakibatkan oleh perilaku menyimpang dari berbagai sumber.
Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat Rasa ingin tahu Menemukan contoh dalam kehidupan sehari - hari baik di lingkungan rumah maupun di masyarakat adanya hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Kreatif Menunjukkan melalui sikap membiasakan diri dalam kehidupan sehari-hari membuat skala prioritas kebutuhan untuk mengatasi keterbatasan kemampuan memenuhinya.
Jujur Menceritakan pengalaman tentang perbedaan yang dirasakan belanja di pasar moderen dengan pasar tradisional sesuai dengan kenyataan
Memahami usaha Persiapan kemerdekaan Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia Senang membaca Mencari informasi dari sumber bacaan lain tentang peranan BPUPKI dan PPKI dalam penyusunan persiapan kemerdekaan dan merumuskan kelengkapan sebuah negara yang merdeka.
Semangat kebangsaan Menunjukkan sikap penghargaan atas kerja keras dan kerjasama dalam menyelesaikan berbagai pebedaan dan mencapai kesepakatan baik dalam sidang BPUPKI maupun PPKI demi Indonesia merdeka
Menunjukkan sikap meneladani sikap tokoh – tokoh BPUPKI dan PPKI demi keutuhan semangat dan Kebersamaan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
Empati Menunjukkan dengan pernyataan ikut merasakan gejolak semangat bangsa Indonesia ketika mendengar kekalahan Jepang dari Sekutu
Menghargai

prestasi
Menunjukkan sikap menghormati perbedaan pemikiran kaum muda dan kaum tua menjelang Proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai bagian dinamika sejarah perjuangan bangsa.
Memahami Kegiatan perekonomian Indonesia Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya Senang membaca Mencari informasi melalui sumber bacaan lain tentang masalah ketidaksetimbangan antara jumlah angkatan kerja dengan kesempatan kerja
Rasa ingin tahu Melakukan pengamatan di lingkungan setempat terhadap rendahnya kualitas ketrampilan tenaga kerja yang menjadi beban pemerintah daerah
Mandiri Belajar dengan sungguh-sungguh dan memiliki ketrampilan yang memadai agar kelak tidak menjadi beban keluarga, masyarakat dan negara.

SK/KD, Nilai, dan Indikator SMA
Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Nilai Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas








10 - 12
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara Rasa kebangsaan Mengungkapka perasaan terbaiknya yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia tebentuk karena ada persamaan sejarah, kepentingan dan tujun antara suku-suku bangsa menjadi sebuah bangsa untuk membentuk sebuah Negara.
Rasa ingin tahu Menunjukkan pengkajian yang serius terhadap bentuk pemerintahan Indonesia yang memilih republic dan bukannya kerajaan.
Semangat kebangsaan Memiliki sikap yang jelas bahwa NKRI ada karena rasa kebangsaan dan persatuan bangsa
Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI Semangat kebangsaan
  • Memiliki sikap yang jelas bahwa NKRI ada karena rasa kebangsaan dan persatuan bangsa
  • Memilih untuk membela Negara jika dihadapkan pada situsi yang menempatkan Negara dalam bahaya.

Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional Disiplin Memecahkan persoalan

kelas/sekolah yang didasari oleh aturan dan tata tertib sekolah.
Menganalisis lembaga-lembaga peradilan Rasa ingin tahu Melakukan pengkajian dan pengumpulan informasi serta laporan
singkat tentang kegiatan lembga – lembaga peradilan di Indonesia
Partisipasi Menggiatkan simulasi pelaksanaan pengadilan di sekolah
MATEMATIKA Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma. Teliti Bekerja secara teratur, rinci dan tertib dalam menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
Pantang Menyerah Terus mencoba menerapkan aturan pangkat, akar, dan logaritma
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma. Teliti Cermat dalam melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma.
Pantang Menyerah Berusaha dengan gigih dalam mempertahankan pendapat yang berkaitan dengan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat Memahami konsep fungsi Teliti Rapi dalam menyajikan jawaban terhadap sal yang berkaitan dengan pemahaman konsep fungsi
Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat Teliti Selalu mengecek ulang segala pekerjaan yang telah dilakukan berkaitan dengan penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Tekun Tidak terpengaruh oleh keadaan lingkungan pada waktu menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Jujur Terus berupaya menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat secara benar
KIMIA Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia Memahami struktur atom berdasarkan teri atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron Kritis Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi tentang keteraturan dalam system periodik unsur
Rasa ingin tahu Mencari informasi lebih lanjut tentang fenomena keteraturan dalam unsur di alam
Religius Menunjukkan kesadaran bahwa keteraturan dalam alam disebabkan oleh Tuhan penciptanya
Disiplin Menunjukkan kesadaran bahwa disiplin merupakan satu cara untuk mempertahankan keteraturan alam
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kordinasi, dan ikatan logam hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk Kritis Mengajukan pemikira kritis dalam diskusi tentang pembentukan ikatan kovalen, ion, kordinasi
Komunikatif Menggunakan bahasa yang komunikatif dalam kelompok untuk mengungkapkan gagasan
Menghargai Memberi kesempatan kepada anggota kelompok diskusi untuk mengajukan pendapat
Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan (stikiometri) Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana persamaan reaksinya Rasa ingin tahu Menunjukkan usaha yang keras untuk memperoleh informasi tentang tatanama senyawa kimia
Senang membaca Mencari sumber informasi/bacaan lain untuk memperoleh informasi tambahan tentang tatanama senyawa kimia
Jujur Melaporkan hasil percobaan berdasarkan data hasil percobaan
Menghargai Memberikan kesempatan kepada teman lain untuk mengajukan pendapat dan mengmentarinya dengan santun
FISIKA Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu) Senang membaca. Mencari informasi lebih dari berbagai sumber (internet) untuk memahami makna standar , bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli.
Jujur Melakukan eksperimen untuk pengukuran panjang, massa dan waktu
Melakukan eksperimen secara benar, cermat , teliti, taaat azaz, hati-hati menjaga keslaamatan kerja.
Melakukan penjumlahan vektor Jujur Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik lisan maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang benar
Rasa ingin tahu Mengamati fenomena untuk mengetahui konsep penjumlahan besaran vektor.
Kerja keras Bekerja secara optimal, Meyelesaikan pekerjaan pada waktunya
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan Rasa ingin tahu Mencari informasi lebih dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep gerak, bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli.
Peduli lingkungan Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azaz, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja.
Toleran Bekerjasama dalam kelompok, bertanggung jawab dalam kelompok
Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan Jujur Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik lisan maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang benar.
Kerja keras Bekerja secara optimal, meyelesaikan pekerjaan pada waktunya
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan Rasa ingin tahu Mengamati fenomena untuk mengetahui keberlakukan Hukum I, II dan III Newton
Senang membaca Mencari informasi lebih dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep Hukum Newton, bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli.
Kreatif Menemukan kasus-kasus yang menarik terkait dengan penerapan hukum Newton
Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif Rasa ingin tahu Mengamati fenomena untuk mengetahui keberlakuan pentingya alat-alat optik bagai kebutuhan hidup manusia.
Jujur Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azat, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja
Kreatif Membuat teropong, teleskope, kamera pinhll
Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari Disiplin. Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azat, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja
Kreatif Menampilkan hasil arya dalam kegiatan pameran
BIOLOGI Memahami hakikat biologi sebagai ilmu Mengidentifikasi ruang lingkup biologi Ingin tahu Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru, buku, dan pengamatan) tentang ruang lingkup biologi
Kerja keras Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mengidentifikasi ruang lingkup biologi
Senang membaca Melaporkan hasil kajian buku teks dan pustaka lainnya secara antusias dalam mengidentifikasi ruang lingkup biologi
Mendeskripsikan bjek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (mlekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bima) Kerja keras Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat rganisasi kehidupan
Ingin tahu Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru dan buku) tentang tahapan perkembangan manusia
Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan Kerja keras Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Ingin tahu Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru dan buku) tentang ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Peduli lingkungan Mengemukakan pendapat/ saran positif tentang upaya menghindari penyebaran virus flu di dalam kelas
Mendeskripsikan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan Kerja keras Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mendeskripsikan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah Kerja keras Menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dalam mengkaitkan fakta hasil pengamatan dengan sumber acuan/pustaka untuk menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
Membuat produk daur ulang limbah Kreatif Membuat produk baru dari daur ulang limbah yang bermanfaat, menarik dan bernilai ekonomi
Jujur Tidak meniru/menyontek desain produk daur ulang limbah teman yang lain
Mandiri Menyelesaikan masalah sendiri yang berkaitan dengan pembuatan produk daur ulang limbah
Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan Kerja keras Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Ingin tahu Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru dan buku) tentang komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Mengidentifikasi organela sel

tumbuhan dan hewan
Ingin tahu Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru, buku, dan pengamatan) tentang organela sel tumbuhan dan hewan
Kerja keras Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositsis, eksositsis) Ingin Tahu Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru, buku, dan pengamatan) tentang perbedaan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmsis, transport aktif, endositsis.
Kerja keras Menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dalam mengkaitkan fakta dengan sumber acuan/pustaka untuk mengidentifikasi mekanisme transpor pada membran (difusi, osmsis, transport aktif, endositsis, ekossitsis)
BAHASA INGGRIS Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-

hari
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to

get things done) dan

interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
Rasa ingin tahu Merespon isi percakapan dua orang peserta didik yang melibatkan tindak/ujaran menerima/
Persahabatan Mendengarkan percakapan antara dua orang yang saling berkenalan agar peserta didik mempraktekkan persahabatan dan kepedulian sosial
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian,  menunjukkan simpati, dan memberi instruksi Persahabatan Mendengarkan percakapan duao rang yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, atau menerima instruksi agar peserta didik dapat mempraktekkan persahabatan, toleransi, dan peduli sosial
Peduli sosial Merespon isi percakapan yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, atau menerima instruksi agar peserta didik dapat mempraktekkan persahabatan, toleransi, peduli sosial, rasa ingin tahu
Merespon makna

dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dalam berbagai kehidupan sehari-hari narrative, dan porcedure
Peduli lingkungan Mendengarkan monolog lisan tentang peristiwa alam agar peserta didik dapat menujukkan peduli lingkungan dan rasa
Jujur Merespon ceritera tentang tokoh yang menggambarkan kejujuran, kerja keras, disiplin agar peserta didik dapat menunjukkan nilai kejujuran, kerja keras, dan disiplin
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan

membatalkan janji
GEOGRAFI Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya Menyimpulkan hakekat geografi Rasa ingin tahu Mencari pengertian dan ruang lingkup Geografi dari sumber lain (RIT) Menanyakan hubungan antara geografi dengan ilmu-ilmu lain (RIT)
Mencari pengertian dan ruang lingkup Geografi dari sumber lain (RIT)

Menanyakan hubungan antara Geografi dengan ilmu-ilmu lain (RIT)
Mengemukakan pendapat mengenai ciri-ciri wilayah tempat tinggalnya (RIT)
Menafsirkan pola dan ciri kenampakan alam dan budaya pada berbagai peta dan media citra Rasa ingin tahu Bekerja sama dengan teman sekelas yang berbeda desa/kelurahan untuk menggambar peta kabupaten setempat (SK)
Menganalisis gejala alam fisik dan Perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya Menyimpulkan hakekat geografi Rasa ingin tahu Mencari pengertian dan ruang lingkup geografi dari sumber lain (RIT)

Menanyakan hubungan antara geografi dengan ilmu-ilmu lain (RIT)
Mengemukakan pendapat mengenai ciri-ciri wilayah tempat tinggalnya (RIT)
Menafsirkan pla dan ciri kenampakan alam dan budaya pada berbagai peta dan media citra Rasa ingin tahu Bekerjasama dengan teman sekelas yang berbeda desa/kelurahan untuk menggambar peta kabupaten setempat (SK
Semangat kebangsaan Menanyakan global warming dalam kaitannya dengan iklim di Indonesia (RIT)
Menganalisis gejala alam fisik perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya Memprediksi perubahan dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi Jujur Melaporkan hasil pengamatan mengenai data kerusakan pada saat terjadi bencana (JJR)
Rasa ingin tahu Mencari informasi mengenai konversi lahan di lingkungan setempat dari sumber lain yang relevan (RIT)
Memprediksi dinamika perubahan litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi Rasa ingin tahu Mencari gambar dari sumber lain yang relevan mengenai batas-batas wilayah pesisir dan pantai (RIT)
Jujur Menginventarisasi lagu-lagu nasional yang bertemakan tentang laut (SK)
SEJARAH Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang. Menganalisis hubungan antara perkembangan paham-paham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan Semangat kebangsaan Setia menghadiri setiap upacara bendera pada setiap hari kemerdekaaan/kebangsaan di sekolah.
Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke-20. Membedakan pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia. Semangat kebangsaan Mengemukakan pendapat/saran positi untuk menyelesaikan suatu masalah nasional (berkenaan dengan konflik sosial, ekonomi, politik) di sekolah maupun di rumah
Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari Negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Menganalisis terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia Cinta tanah air Khidmat mengikuti upacara kenaikan bendera merah putih disertai lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia Menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia Menghargai prestasi Mengagumi teknologi yang telah dihasilkan oleh masyarakat awal bangsa Indonesia
Mengidentifikasi peradaban awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia Menghargai prestasi Mempelajari dan mengagumi berbagai peninggalan budaya & peradaban dalam perjalanan panjang sejarah Indonesia atau dunia.
Menganalisis asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia Menghargai prestasi Mempelajari dan mengagumi keberanian manusia yang menjadi leluhur bangsa Indonesia untuk berlayar dengan perlengkapan yang sangat terbatas
Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara tradisional. Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, danIslam di Indonesia. Bersahabat/ komunikatif Bersikap ramah dan berteman baik dengan teman-teman sekelas dari berbagai daerah tanpa membedakan etnis, agama, budaya, golongan, asal-usul sosial.
Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang Menganalisis hubungan antara perkembanga paham-paham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan. Bersahabat/komunikatif Menunjukkan sikap bersedia membantu teman-teman kelas/sekolah yang sedang menghadapi kesulitan semampunya
SOSIOLOGI Memahami prilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku masyarakat Menjelaskan fungsi Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan Bersahabat/Komunikatif Bergaul dengan teman-teman sekelasnya
Cinta Damai Menjauhi sikap bermusuhan dengan teman sekelasnya
Peduli Sosial Menunjukkan rasa simpati pada teman sekelasnya
Senang

Membaca
membuat ringkasan isi buku dari hasil bacaan yang  berkaitan dengan kajian sosiologi
Rasa ingin tahu Menanyakan sesuatu yang tidak jelas/tahu yang berhubungan dengan kajian sosiologi
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian Semangat Kebangsaan Bekerjasama dengan teman sekelas dan sekolahnya yang berbeda agama/suku/budaya/st atus sosial dalam rangka bersosialisasi untuk membentuk kepribadian bangsa
Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang  an sikap-sikap anti sosial Kerja keras Berani menolak ajakan yang dapat mengarah pada prilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial
Disiplin Menjaga prilaku dan perbuatan positif sesuai dengan aturan sekolah agar tidak terjerumus pada perilaku menyimpang dan sikap-sikap antisosial
Menerapkan aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat Disiplin Menghindari prilaku negative yang dapat mengarah pada prilaku menyimpang
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan Toleransi Menjalin hubungan pertemanan dengan teman-teman sekolahnya yang berasal dari struktur sosial yang berbeda
Bersahabat/komunikatif Melakukan pertemanan dengan seluruh sivitas sekolah tanpa melihat kedudukan dan jabatannya
Peduli Sosial Membantu teman-teman sekelasnya yang membutuhkan pertlngan/bantuan tanpa melihat kedudukan dan jabatannya
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat Bersahabat/komunikatif Menjalin persahabatan dengan teman-teman sekelas dan sekolahnya untuk menghindari konflik sosial
Semangat kebangsaan Mengemukakan pendapat/saran positif untuk menyelesaikan konflik sosial yang terjadi di negaranya
EKONOMI Memahami permasalahan ekonomi dulu kaitannya dengan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi Mengidentifikasi kebutuhan manusia Jujur Menyebutkan dengan jujur kebutuhan hidupnya sehari-hari yang masih belum terpenuhi
Cermat Mengelompokkan secara mendetail kebutuhan hidup keluarganya dengan teliti
Peduli Sosial Memberikan solusi untuk penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat miskin.
Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka & kebutuhan manusia yang tidak terbatas Kreatif Mengungkapkan gagasan baru terhadap penanggulangi masalah ekonomi akibat kelangkaan sumber daya alam (bahan bakar).
Peduli Sosial Merancang satu kegiatan dengan memanfaatkan berbagai potensi ekonomi untuk menanggulangi masalah kebutuhan hidup masyarakatat.
Memahami konsep ekonomi dlm kaitannya dg kegiatan ekonomi

konsumen dan produsen
Mendeskripsikan pola perilaku knsumen dan prdusen dalam kegiatan ekonomi Mandiri Mengidentifikasi sendiri berbagai perilaku konsumen dalam kegiatan ekonomi sehari-hari
Jujur Menunjukkan hasil pengamatan apa adanya tentang perilaku knsumen dalam kegiatan ekonomi saat ini.
Cinta Tanah Air Mengemukakan pendapat tentang pengembangan produksi barang-barang dalam negeri di masa yang akan datang.
Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen Mandiri Menuliskan sendiri sejumlah peran konsumen dan produsen dalam membangun perekonomian masyarakat Indonesia.
Rasa ingin tahu. Menunjukkan hasil pengamatan yang mendalam tentang perilaku prdusen dan dampaknya terhadap perilaku ekonomi masyarakat Indonesia.
Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan dan pasar. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran Kerja Keras Mengumpulkan dan mempertunjukkan sebanyak-banyaknya informasi tentang faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan dan penawaran barang.
Rasa ingin

tahu
Melakukan penelaahan

dengan benar kaitan antara permintaan dan penawaran.
Demokratis Mendapatkan kesempatan secara bergiliran persoalan yang ada dan mempengaruhi permintaan dan penawaran barang.
Menjelaskan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi yang mendasarinya. Teliti Menguraikan dengan cermat, penjabaran hukum permintaan dan penawaran dalam perilaku ekonomi sehari-hari berdasarkan hasil analisis kelompok.
Menghargai Prestasi Memberi perhatian yang sungguh sungguh serta respon positif atas prestasi dan kelompok lain yang dapat menunjukkan dengan benar contoh-contoh kaitan hukum permintaan dan penawaran.

Program tersebut hanya dapat terwujud jika diimbangi dengan keteladanan dan komitmen dari semua pemangku kepentingan pendidikan. Tanpa aksi nyata, program tersebut hanya akan terjebak ke dalam slogan dan retorika belaka. Selamat berkarya untuk bangsa! *** (Habis)

0 komentar:

Posting Komentar