Standar Pengembangan KKG/MGMP

MGMPDirektorat profesi pendidik, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Depdiknas sudah mengeluarkan Standar Pengembangan KKG/MGMP sejak tahun 2008. Namun, sebagian besar KKG/MGMP, termasuk di Kab. Kendal agaknya masih banyak yang belum mengetahui informasi ini. Padahal, kalau dilihat substansi materinya, standar ini cukup penting untuk diketahui oleh para pengurus KKG/MGMP dan instansi terkait sebagai acuan pengembangan organisasi profesi guru ini.

Selain memuat standar pengembangan KKG/MGMP, standar ini juga memuat standar operasional prosedur MGMP yang bisa dijadikan sebagai pedoman bagi pengurus dalam menjalankan program-program KKG/MGMP secara legal, mandiri, bermutu, dan berkelanjutan. Standar pengembangan KKG/MGMP merupakn unsur-unsur yang harus dimiliki oleh KKG/MGMP yang mencakup organisasi, program, pengelolaan, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, pembiayaan, dan penjaminan mutu.

Melalui standar pengembangan ini, KKG/MGMP diharapkan menjadi lebih eksis dalam berkiprah dan ikut serta mengembangkan profesionalisme guru, sehingga bisa memberikan sumbangsih besar dalam peningkatan mutu pendidikan nasional.

Yang ingin mengetahui lebih lanjut standar ini, silakan unduh di sini! ***

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...

    artikelnya oke

Posting Komentar