Spesifikasi Soal Ujian Praktik Bahasa Indonesia SMP Tahun 2009

Spesifikasi Soal Ujian Praktik Bahasa Indonesia SMP Kab. Kendal Tahun 2009



Satuan Pendidikan : SMP/MTs

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kurikulum : Standar Isi (KTSP)



























No.



SKL



Ruang Lingkup Materi



Indikator



1.


MENDENGARKAN

Siswa mampu mendengarkan berbagai wacana lisan untuk memahami gagasan, pandangan, dan perasaan orang lain secara lengkap dalam wacana yang berbentuk berita, pidato/ceramah/ khotbah, serta mampu memberikan pendapat.
Mendengarkan dan memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita radio/TV yang mencakup:

  • penulisan pokok-pokok berita



  • penulisan kembali isi berita



  • simpulan isi berita



  • tanggapan isi berita


Diputarkan rekaman berita radio/televisi melalui tape/VCD player atau dibacakan teks berita, siswa dapat:

  • menuliskan pokok-pokok berita yang didengarkan



  • menuliskan kembali isi berita yang didengarkan



  • menyimpulkan isi berita yang didengarkan



  • menanggapi isi berita yang didengarkan



2.


BERBICARA

Siswa mampu berbicara secara efektif dan efisien untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam berbagai bentuk dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan tujuan dan konteks pembicaraan melalui kegiatan berwawancara, menyampaikan laporan, berpidato/ ceramah/berkhotbah, bertelepon, dan bermain peran.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan tanggapan dalam berbagai bentuk wacana lisan nonsastra dan sastra yang mencakup:

  • perencanaan kerangka pidato



  • berpidato


Disajikan beberapa topik pidato, siswa dapat:

  • menyusun kerangka pidato sesuai dengan topik



  • berpidato sesuai dengan kerangka yang disusun



3.


MENULIS

Siswa mampu menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman dalam berbagai wacana tulis berupa surat resmi..Disajikan sebuah ilustrasi, siswa mampu menulis surat resmi dengan sistematika dan ejaan yang benar dan bahasa yang baku.



Keterangan:

Sekolah/madrasah boleh mengujikan satu, dua, atau tiga aspek sesuai dengan kondisi sekolah.


CONTOH SOAL UJIAN PRAKTIK



I. Kompetensi Mendengarkan

1. Dengarkanlah dengan saksama rekaman berita radio/TV yang diputar oleh penguji melalui tape atau CD player! (Rekaman berita bisa diganti dengan pembacaan teks berita oleh penguji). Kemudian, catatlah hal-hal yang kamu anggap penting!

2. Berdasarkan hal-hal penting yang telah kamu catat, kerjakanlah tugas berikut!

  • Tulislah pokok-pokok berita yang kamu dengarkan!

  • Tuliskan kembali isi berita dengan menggunakan bahasamu sendiri berdasarkan pokok-pokok berita!

  • Rumuskanlah simpulan isi berita ke dalam beberapa kalimat yang efektif!

  • Berikanlah tanggapan terhadap isi berita disertai dengan alasan yang masuk akal dan bahasa yang santun!


II. Kompetensi Berbicara

1. Susunlah kerangka pidato berdasarkan salah satu topik berikut ini!

a. Pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup demi mengurangi dampak bencana alam.

b. Upaya mencegah wabah Demam Berdarah melalui program sanitasi lingkungan.

c. Pelestarian kesenian tradisional sebagai upaya memperkuat jati diri bangsa.

d. Cara belajar yang efektif untuk mencapai kesuksesan menempuh ujian nasional.

e. Peran serta generasi muda dalam mencegah merajalelanya penyalahgunaan Narkoba.

2. Kembangkan kerangka pidato yang telah kamu susun secara lisan menjadi sebuah pidato yang utuh dan lengkap!

III. Kompetensi Menulis

Tulislah sebuah surat resmi berdasarkan salah satu ilustrasi berikut ini!

1. Sebagai Sekretaris OSIS, kamu diminta membuat surat undangan yang ditujukan kepada Ketua dan Sekretaris OSIS SMP lain untuk menghadiri seminar Bulan Bahasa yang akan menghadirkan Dr. Bakdi Sumanto sebagai narasumber dan dimeriahkan dengan acara parade pembacaan pembacaan puisi. (Waktu dan tempat kamu tentukan sendiri).

2. Sebagai sekretaris sebuah Kelompok Pencinta Lingkungan Hidup, kamu diminta untuk mengajukan surat permohonan agar diizinkan menggunakan kawasan hutan wanawisata sebagai tempat untuk berkemah yang diikuti oleh 55 orang anggota. Surat ditujukan kepada pengelola wanawisata yang akan kamu jadikan sebagai tempat berkemah.

3. Sebagai sekretaris Karang Taruna di daerahmu, kamu diminta untuk membuat surat edaran yang isinya berupa permohonan kepada para dermawan/donatur se-kecamatan untuk memberikan sumbangan pantas pakai yang akan diserahkan oleh Karang Taruna kepada sebuah yayasan yatim piatu. (Waktu dan tempat penyerahan kamu tentukan sendiri).



PEDOMAN PENSKORAN UJIAN PRAKTIK


TAHUN 2008/2009



Satuan Pendidikan : SMP/MTs

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kurikulum : Standar Isi (KTSP)

----------------------------------



I. Kompetensi Mendengarkan

  • Kunci jawaban diserahkan kepada penguji.

  • Pedoman Penskoran


























































































































Aspek yang Dinilai



Skor



Ket.


Penulisan pokok-pokok berita




Skor maksimal = 6




  • Siswa dapat menuliskan 6 pokok berita dengan benar.



6




  • Siswa dapat menuliskan 5 pokok berita dengan benar.



5




  • Siswa dapat menuliskan 4 pokok berita dengan benar.



4




  • Siswa dapat menuliskan 3 pokok berita dengan benar.



3




  • Siswa dapat menuliskan 2 pokok berita dengan benar.



2




  • Siswa dapat menuliskan 1 pokok berita dengan benar.



1




  • Siswa tidak dapat menuliskan pokok berita satu pun dengan benar.



0


Penulisan kembali isi berita




Skor maksimal = 12




  • Siswa dapat menuliskan kembali isi berita secara runtut berdasarkan 6 pokok berita.



12




  • Siswa dapat menuliskan kembali isi berita secara runtut berdasarkan 5 pokok berita.



10




  • Siswa dapat menuliskan kembali isi berita secara runtut berdasarkan 4 pokok berita.



8




  • Siswa dapat menuliskan kembali isi berita secara runtut berdasarkan 3 pokok berita.



6




  • Siswa dapat menuliskan kembali isi berita secara runtut berdasarkan 2 pokok berita.



4




  • Siswa hanya menuliskan kembali isi berita berdasarkan 1 pokok berita.



2




  • Siswa tidak menulis kembali isi berita sama sekali



0


Simpulan isi berita




Skor maksimal = 6




  • Siswa dapat menyimpulkan isi berita sesuai dengan bahan simakan secara efektif.



6




  • Siswa dapat menyimpulkan isi berita sesuai dengan bahan simakan, tetapi kurang efektif.



4




  • Siswa dapat menyimpulkan isi berita sesuai dengan bahan simakan, tetapi tidak efektif.



2




  • Siswa tidak dapat menyimpulkan isi berita.



0


Tanggapan terhadap isi berita




Skor maksimal = 6




  • Siswa dapat menanggapi isi berita dengan alasan yang masuk akal dan bahasa yang santun.



6




  • Siswa dapat menanggapi isi berita dengan alasan yang masuk akal, tetapi tidak menggunakan bahasa yang santun.



4




  • Siswa dapat menanggapi isi berita tanpa alasan yang masuk akal, tetapi menggunakan bahasa yang santun.



2




  • Siswa dapat menanggapi isi berita tanpa alasan yang masuk akal dan bahasa yang santun.



0



Jumlah Skor Total Maksimal



30





II. Kompetensi Berbicara

  • Kunci jawaban diserahkan kepada penguji.

  • Pedoman Penskoran

























Aspek yang Dinilai



Skor


1. Kebahasaana. Lafal dan intonasi (tepat = 3, cukup 2, kurang = 1, tidak = 0)b. Pilihan kata (tepat = 3, cukup = 2, kurang = 1, tidak = 0)c. Struktur kalimat (tepat = 3, cukup 2, kurang = 1, tidak = 0)

0 - 3


0 - 3


0 - 3


2. Isia. Hubungan isi dengan tema (topik) (sesuai = 3, cukup = 2, kurang = 1, Tidak = 0)b. Keruntutan antara pembukaan, isi penutup (runtut = 3, cukup = 2, kurang = 1, tidak = 0)c. Kualitas Isi (baik = 3, cukup = 2, kurang = 1, tidak = 0)

0 - 3


0 - 3


0 - 3


3. Penampilana. Gerak-gerik dan mimik (baik = 3, cukup = 2, kurang = 1, tidak = 0)b. Volume suara (keras = 3, cukup = 2, kurang = 1, tidak = 0)c. Kontak mata (baik = 3, cukup = 2, kurang = 1, tidak = 0)

0 - 3


0 - 3


0 - 3



Skor Maksimal



27





III. Kompetensi Menulis

  • Kunci jawaban diserahkan kepada penguji.

  • Pedoman Penskoran





































Aspek yang Dinilai



Skor


a. Ketepatan posisi surat (keruntutan) (baik = 3, cukup = 2, kurang = 1, tidak = 0

0 - 3


b. Kesesuaian isi dengan konteks (sesuai = 3, cukup = 2, kurang = 1, tidak = 0)

0 - 3


c. Keefektifan Kalimat (efektif = 3, cukup = 2, kurang = 1, tidak = 0)

0 - 3


d. Pilihan Kata (Diksi)

0 - 3


e. Ejaan dan tanda baca (semua benar = 3, banyak yang benar 2, banyak yang salah = 1, semua salah = 0)

0 - 3


f. Kerapian tulisan (sangat rapi = 3, cukup = 2, kurang = 1, tidak = 0)

0 - 3



Skor Maksimal



18









Skor Total Maksimal Soal I, II, dan III = 30 + 27 + 18 = 75












Skor perolehan Siswa


Nilai = --------------- x 10


Skor Total Maksimal



75


Nilai Maksimal = ---- x 10 = 10


75


3 komentar:

  1. veronica cantik mengatakan...

    wah gg da pkok isi berita nniie :razz:

  2. kanira mengatakan...

    gg soalnya :cry:

  3. Odell Musel mengatakan...

    I just discovered your domain from Squidoo. Do you display several sort of monetary gift box where I may well send out monetary gift in PayPal? I would love to reward you for your website content. :)

Posting Komentar