Laptop MGMP, Koordinasi Pengurus, dan Sosialisasi UN

laptoplaptopsosialisasi unsosialisasi un
Alhamdulillah, akhirnya MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal mendapatkan bantuan sebuah laptop. Serah terima sudah dilakukan pada hari Senin, 16 November 2009, di ruang Bidang Dikdas Dinas Dikpora Kabupaten Kendal. Selain MGMP Bahasa Indonesia, MGMP Bahasa Inggris, MGMP Matematika, dan MGMP IPA, juga mendapatkan bantuan yang sama.

Para era virtual seperti sekarang ini, sebuah laptop agaknya sudah menjadi sebuah keniscayaan bagi sebuah organisasi ketika perkembangan dan dinamika teknologi, informasi, dan komunikasi mengalami kemajuan yang begitu mengagumkan. Demikian juga halnya dengan organisasi guru mata pelajaran semacam MGMP yang harus sering bersentuhan dengan multimedia sebagai sarana pembelajaran. Dengan dukungan laptop, hal-hal teknis yang berkaitan dengan pembuatan, penyimpanan, dan penyebarluasan data bisa berlangsung lebih praktis, efisien, dan efektif. Semoga laptop bantuan tersebut benar-benar bermanfaat dalam mendukung kinerja MGMP sebagai wadah guru mata pelajaran sejenis.

Keesokan harinya, Selasa, 17 November 2009 (pukul 13.00 WIB s.d. selesai), MGMP mengadakan pertemuan pengurus di SMP 1 Brangsong, Kendal. Pertemuan yang dihadiri 14 pengurus ini membahas tiga agenda pokok, di antaranya: (1) sosialisasi UN dan SKL sesuai dengan Permendiknas No. 75 Tahun 2009 tentang Ujian Nasional; (2) pengenalan buku “Cerdas dan Kritis Menghadapi Ujian Nasional SMP” dan komitmen penggunaan buku sebagai acuan siswa dalam menghadapi UN; dan (3) koordinasi organisasi yang berkaitan dengan persoalan-persoalan internal MGMP. Pada acara tersebut juga dilakukan serah-terima laptop bantuan dari Dinas Dikpora Kab. Kendal dari Ketua kepada Sekretaris MGMP (Sucipto, S.Pd.) dengan disaksikan para pengurus yang hadir.

Berkaitan dengan fasilitas laptop, Ketua MGMP berharap agar laptop tersebut bisa dioptimalkan penggunaannya untuk kepentingan organisasi. Semua pengurus berhak memanfaatkannya, termasuk content yang terdapat di dalamnya untuk kepentingan organisasi dan pemberdayaan guru Bahasa Indonesia SMP Kab. Kendal.

Dalam acara tersebut, juga dibahas komitmen pengurus MGMP untuk memanfaatkan buku “Cerdas dan Kritis Menghadapi UN” sekaligus bernegosiasi dengan pihak penerbit (terdiri atas 3 orang: Susep Priyanto, Supriyanto, dan Didik) yang juga hadir dalam acara tersebut. Diharapkan pada awal Desember 2009, buku tersebut sudah bisa didistribusikan sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan siswa menghadapi UN yang rencananya akan berlangsung pada Minggu ke-4 bulan Maret 2010. Ini artinya, MGMP Kab. Kendal tidak merekomendasikan buku panduan UN lain, selain “Cerdas dan Kritis Menghadapi Ujian Nasional SMP” yang merupakan produk MGMP Prov. Jawa Tengah. Semoga buku tersebut benar-benar bisa ikut membantu para siswa SMP dalam menghadapi UN. Di sela-sela acara tersebut, pihak penerbit (Harapan, Semarang) juga sepakat untuk membantu kegiatan MGMP, termasuk dalam pendistribusian surat-menyurat dari MGMP kepada pihak-pihak lain yang berkepentingan. ***

2 komentar:

  1. Deni mengatakan...

    Mantap bro....!!!! Lanjutkan.... :smile:
    .-= Deni´s last blog ..Tahun Baru Momentum Perubahan =-.

  2. SMP PMS mengatakan...

    Guru B.Indonesia SMP PMS siap ikut dalam semua kegiatan MGMP BI SMP Kendal.Sayangnya guru-guru akhir-akhir ini tertinggal informasi karena mungkin surat pemberitahuan jarang sampai ke PMS.

Posting Komentar