Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan 2010 Berhadiah Rp1 Milyar

Jakarta, Sabtu (21 November 2009) -- Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (Pusbuk Depdiknas) menggelar sayembara penulisan naskah buku pengayaan 2010. Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan motivasi menulis di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan. Sayembara yang terbuka bagi para pendidik dan tenaga kependidikan baik formal maupun nonformal ini berhadiah total Rp1.080.000. 000,00.

Tema penulisan adalah Membangun Manusia Indonesia yang Religius, Cerdas, Bermartabat, Mandiri, dan Kompetitif di Era Global. Naskah yang disayembarakan adalah buku pengayaan yang memuat materi yang dapat memperkaya dan meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan keterampilan, serta membentuk kepribadian peserta didik. Peruntukan pembaca adalah untuk jenjang pendidikan SD/MI (kelas 4,5, dan 6), SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK.

Kepala Bidang Pengembangan Naskah dan Pengendalian Mutu Buku Pusbuk Depdiknas, Wahyu Trihartati, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pusbuk Depdiknas untuk membantu meningkatkan baik mutu maupun jumlah penulis dan naskah buku pengayaan. "Sayembara ini khusus untuk pendidik karena Pusbuk berkeyakinan kalau guru - guru yang menulis karena dia yang mengetahui kebutuhan siswa, dia yang bergaul dengan siswa sehari-hari, dia yang bisa menulis," katanya pada kegiatan Sosialisasi Standar/Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran di Hotel Mega Anggrek, Jakarta, Sabtu (21/11/2009).

Wahyu mengatakan, hasil naskah para pemenang akan ditawarkan kepada para penerbit. "Hak cipta ada di penulis, Pusbuk hanya membantu memfasilitasi dengan menawarkan kepada para penerbit yang berminat. Kita minta untuk menetapkan royalti dan terus kita pantau penerbitannya," katanya.

Jenis naskah yang disayembarakan masing - masing enam naskah untuk tiap jenjang pendidikan. Untuk SD/MI (kelas 4,5, dan 6) meliputi, pengayaan pengetahuan alam dan matematika, pengayaan pengetahuan sosial dan humaniora, pengayaan keterampilan vokasional (kewirausahaan), cerita anak, kumpulan pantun, dan kumpulan puisi; untuk SMP/MTs meliputi pengayaan pengetahuan alam dan matematika, pengayaan pengetahuan sosial dan humaniora, pengayaan keterampilan vokasional (kewirausahaan), novel, kumpulan cerpen, dan kumpulan puisi; dan untuk SMA/MA/SMK/MAK meliputi pengayaan pengetahuan alam dan matematika, pengayaan pengetahuan sosial dan humaniora, pengayaan keterampilan vokasional (kewirausahaan), novel, drama, dan biografi.

Persyaratan sayembara antara lain meliputi naskah yang diajukan adalah karya asli, tidak berseri, belum pernah menjadi pemenang sebagian ataupun seluruhnya dalam sayembara manapun, tidak sedang diikutsertakan pada sayembara lain, dan belum pernah diterbitkan. Naskah diketik komputer diatas kertas A4 minimal 60 halaman, 2 spasi, ukuran font 12. Jika menggunakan gambar, ukurannya harus proporsional dan mendukung materi.

Naskah dikirimkan paling lambat pada 1 Maret 2010 (stempel pos) kepada Panitia Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Tahun 2010 Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jalan Gunung Sahari Raya No.4 Jakarta 10002. Hadiah per jenis naskah untuk 54 naskah bagi pemenang I Rp 21.000.000,00, pemenang II Rp 20.000.000, dan pemenang III Rp 19.000.000,00. Informasi lebih lanjut tentang sayembara dapat menghubungi Pusat Perbukuan Depdiknas telepon (021) 3804248, pes 275, fax (021) 3458151, 3806229, email pusbuk@sibi.or.id atau bangnas_pusbuk@yahoo.com, atau melalui laman www.sibi.or. id.***

Sumber: Pers Depdiknas

30 komentar:

  1. nanang sunarya mengatakan...

    Sayembara ini sungguh merupakan proses kreatif dalam menstimulasi kreativitas dan inovasi guru. Proses "kemanusiaan" yang senantiasa bersenyawa dalam tugas profesionalitas dan fungsionalitas seorang guru. Potret "kemanusiaan" yang dimiliki oleh seorang guru akan lebih bermakna manakala dapat dikomunikasikan secara komunikatif kepada sosok yang bernama "manusia' agar sisi kemanusiaan kita dapat terasah dan mendekati orbit "kemanusiaan" manusia.

  2. Aris Badara mengatakan...

    sangat baik, untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis bagi tenaga pendidik. tetapi sayembara ini tidak usah dibatasi hanya tenaga pendidik saja yang dapat mengikuti sayembara ini. karena mungkin ada juga masyarakat umum yang ingin ambil bagian pada kegiatan ini.

  3. Chairani mengatakan...

    Alhamdulillah, kegiatan kembali digelar. Akan saya coba walau tahun 2009 kalah.

  4. eko b saputro mengatakan...

    Harapannya ajang ini menjadi salah satu ruang interaktif yang mampu memberikan inspiratif dalam mengasah daya respon dan kreasi bagi para pendidik untuk mengembangkan diri.Insyaalah saya juga mau berpartisipasi dengan mengirim karya tulis.

  5. isminatun mengatakan...

    Alhamdulillah, ada kesempatan untuk mencoba dan berlatih. Semoga berhasil

  6. edi purwanto mengatakan...

    sebuah kegiatan yang amat baik, yang dapat mengasah kemampuan tenaga pendidik dan kependidikan dalam hal menulis. saya sendiri belum pernah mengikuti kegiatan ini, dan di tahun 2010 saya akan mencoba memulainya.

  7. Sukarni MAN Yk 3 mengatakan...

    Ikut Yuk Ikut!

  8. Ahmat Sodiqin mengatakan...

    Sudah dua kali ikut tapi belum berhasil jadi pemenang. Yang penting terus menulis, mengajar, mendidik, dan bersemangat! Ikut lagi!

  9. Rr. Erny Trisusilaningsih, AMa Pd SD Wonorejo 1 Kulonprogo mengatakan...

    Yang sangat respek dengan lomba tersebut yang merangsang budaya menulis di kalangan pendidik. Sangat juga ingin Ikut berkompetisi

  10. Etyk mengatakan...

    Good. Menumbuhkan budaya menulis, berfikir kritis dan pasti dapat meningkatkan profesionalisme guru.

  11. Yunita Sari mengatakan...

    Alhamdulillah. Saya kembali terpacu untuk menulis setelah 2 tahun stagnan dari FLP Medan/Sumut. Saya mau ikut. tapi, apakah boleh mengirim lebih dari satu naskah per orang? kalau boleh, berapa naskah maksimal per orang?

  12. Zaskia Zhie mengatakan...

    Asslm,,,
    Meskipun belum pernah ikut lomba, tapi menurut ku ini ide yang brilian.bagus bnget. peluang untuk kompetisi.aq tertarik tuk ngikut, sekalipun pernah naskah novel ku gak diterbitin. pantang nyerah.

  13. fitri NH mengatakan...

    Alhamdulillah ada peluang untuk bisa memotivasi diri untuk menulis. tapi syarat-syarat penulisannya / mekanisme penulisannya bagaimana ? kok saya cai-cari belum terpampang

  14. PURNIAWATI mengatakan...

    Saya tertarik sekali ikutan.....
    Baik untuk media guru dalam mengembangkan kretifitasnya

  15. Dyah Ayu R mengatakan...

    waduh,.....rugi kalo g nyoba,....... yg penting ikut dulu, menang kalah g masalah.

  16. ENY WIJAYANTI /GURU WIYATA BAKTI SD N 1 GIRIPURWO mengatakan...

    Alhamdullillah...saya ingin sekali mencoba, tapi saya seorang guru wiyata bakti yang belum tercatat.Apakah diijinkan?? Semoga diijinkan karena saya ingin sekali kuliah, menjadi PNS dan mengabdikan diri untuk negara dengan mendidik putra-putri bangsa...semoga saya diijinkan ikut, boleh ya pak, bu???

  17. Jamaluddin mengatakan...

    :razz: alhamdulillah senang banget mo coba ikut siapa tahu beruntung yang penting nuliiiss, llis ok.moga berhasil

  18. paula yeni mengatakan...

    bagus banget..........semoga syembara ini dapat bermanfaat bagi pengembangan pendidikan kita.. :razz:

  19. Sofyan Zaibaski mengatakan...

    Bagus-bagus-dan sangat bagus.......... mudah-mudahan guru-guru termotivasi untuk ikut serta. utamanya guru yang sudah sertifikasi, manfaatkan itu duit yang sudah diterima.....

  20. IRA NURHAYATI mengatakan...

    Sangat brilian banget nih idenya... :razz: Sangat bagus buat motivasi dan ngembangin bakat menulis para guru-guru yang punya potensi untuk melebarkan karya mereka. Jadi pengen ikutan sayembara nih....

  21. betty mengatakan...

    sayembara ini boleh gak diikuti oleh pelajar SMA???

  22. marmiyanah mengatakan...

    Sayembara ini sangat berguna bagi guru untuk mengembangkan kreatifitas guru dan mneingkatkan pengetahuan siswa, siip lah. Yook kita ikutan!!

  23. Benget Simanullang mengatakan...

    saya seorang pendidik di bagian pendidikan luar biasa. apakah bisa ikut dalam kompetisi ini???

  24. tomson panjaitan spd mengatakan...

    Tapi jujur saya agak cemburu melihat guru yang ada di pulau jawa, biasanya mereka semua pemenangnya. Saya dari medan sudah ikut, 2005,2007,2008,2009 dan 2010. menang baru 1 kali,2007, dan 2008, cuma dpt 2 juta, 2009 gak menng.....sebenarnya enak...tapi rumit, saya buat satu buku hampir 6 bulan...betul2 di pacu...hebat.....ayo ANAK MEDAN kita kalahkan pulau jawa...........ha.............

  25. sukron mengatakan...

    untuk pustakawannya gmn, boleh ikutan nggak, karena pendidik lekat juga dengan pustakawan

  26. Tarlan mengatakan...

    Alhamdulillah ada lomba nulis ada semangat. Hadiahnya bisa untuk beli buku dan laptop. Amin.

  27. Gatut Purwantoro mengatakan...

    http://mgmpbismp.co.cc/wp-includes/images/smilies/icon_razz.gifHayo ... jangan mengeluh saatnya bagi kita untuk menunjukkan kemampuan kita, Indonesia Bisa.

  28. tomson Panjaitan mengatakan...

    2010...apa uda keluar pengumumannya?..................tolong juri...aku salah satu pemenangnya....please deh...haaaaaaaaaaaa

  29. Nurmaulita mengatakan...

    emang dah keluar pengumumannya gitu pak Juri? lewat apa yah bisa taunya?

  30. Mus K mengatakan...

    Saya setuju pendapat Aris, sayembara menulis ini kalau dapat berlaku untuk semua masyarakat tanpa kecuali, yang penting dia sanggup menulis dan menyajikan sesuai persyaratan yang telah ditentukan.

Posting Komentar