Lomba Cipta Puisi (Jilid I) dengan Tema "Kepahlawanan"

(Menuju penerbitan sebuah ANTOLOGI PUISI ANAK)

Release :
Semuanya berawal dari keprihatinan melihat tidak adanya sebuah buku yang berisi kumpulan puisi anak-anak, yang ditulis oleh benar-benar seorang anak, dari sudut pandang anak-anak meski dengan tema yang actual dan factual. Pertemuan tidak sengaja dengan seorang Triyanto Tiwikromo, yang kemudian memunculkan gagasan untuk mencari dan mengumpulkan 100 buah puisi dari 100 anak-anak, dengan beragam tema.

Awalnya, muncul konsep untuk door to door, keluar masuk SD dan SMP, untuk menemukan puisi itu. Tapi hal itu dianggap tidak bisa obyektif, mengingat keterbatasan waktu dari kita sehingga ditakutkan tidak semua sekolah yang bisa didatangi dalam proses pencarian itu. Keterbatasan waktu itu juga yang sangat ditakutkan tidak bisa secara jitu menemukan puisi-puisi yang benar-benar khas anak-anak, dengan bahasa anak, dan sudut pandang anak, yang diharapkan masih sangat murni dan lugu.

Sebuah lomba cipta puisi kemudian digagas dan dipastikan akan diadakan. Lomba itu sendiri sengaja diadakan berjilid (baca : berseri) dengan tema yang beragam, agar semua anak yang senang, gemar dan punya bakat menulis, bisa berpartisipasi. Setiap seri lomba, akan dipilih 10 puisi terbaik, dan begitu seterusnya sampai terkumpul 100 buah puisi. Dalam setiap serinya, peserta yang gagal di seri sebelumnya dipersilahkan untuk terus berlatih dan berlatih dan kembali ikut. Semuanya, dilandasi oleh keinginan untuk bagaimana memacu anak terus belajar dan belajar memunculkan karya terbaik mereka.

Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran
Saya, Didik M. Riyadi, yang kebetulan mengelola sebuah perpustakaan pribadi untuk masyarakat, mencoba merintis upaya penerbitan ANTOLOGI PUSI ANAK itu dengan mengadakan sebuah lomba. Dan hanya karena dukungan teman-teman lama, dari kalangan seniman, sastrawan, jurnalis, tokoh masyarakat dan birokrat sajalah yang kemudian memunculkan tekad untuk melaksanakan lomba CIPTA PUISI ANAK itu dengan apa adanya.

Karena, lomba itu sendiri gratis, peserta tidak dipungut uang pendaftaran, pendekatan dengan banyak pihak, seperti penerbit (yang diharapkan akan menerbitkan buku antologi puisi itu), toko buku dan juga perpustakaan Wilayah dan Kota (untuk hadiah buku perpustakaan sekolah peserta 10 terbaik ), serta institusi perbankan (untuk hadiah tabungan 10 perserta terbaik dalam setiap seri), terpaksa harus dilakukan.

Terimakasih.
***

2 komentar:

  1. Persyaratan Lomba Cipta Puisi (Jilid I) dengan Tema Kepahlawanan | MGMP BAHASA INDONESIA SMP mengatakan...

    [...] sekolah peserta; dan 3. Persiapan pembuatan buku antologi puisi anak; sebagaimana kami publikasikan di sini, berikut kami sampaikan persyaratan lomba sebagai [...]

  2. nafa mengatakan...

    z,,, Q stuju dengan itu

Posting Komentar