Pemberdayaan dan Silaturahmi MGMP Bahasa Indonesia SMP

Selasa, 19 Oktober 2010, MGMP Bahasa Indonesia SMP menggelar agenda bertajuk “Pemberdayaan dan Silaturahmi MGMP Bahasa Indonesia SMP” di ruang pertemuan “Aldila” Kendal. Acara yang berlangsung pukul 08.30 s.d. 12.00 WIB tersebut juga dihadiri oleh Pembina MGMP, Ibu Marti Rochani, S.Pd. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberdayakan guru Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal, khususnya berkaitan dengan dikeluarkannya Inpres No. 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010, yang di dalamnya terdapat muatan materi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Selain itu, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mempererat jalinan silaturahmi antarguru bahasa Indonesia, sehingga akan terwujud suasana akrab berbasiskan nilai-nilai kekeluargaan dan persaudaraan.

Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan Musikalisasi Puisi dan Pembacaan Cerpen yang dilakukan oleh Group Origami, Kendal. Puisi yang digarap dalam bentuk musikal dan teatrikal merupakan karya penyair Handry TM, Mukti Sutarman Espe, Hamid Jabbar, atau Arifian Sugito. Dengan garapan yang tertata rancak dan apik, penampilan Origami cukup memukau sekitar 130 guru yang hadir dalam kegiatan tersebut. Satu-satunya cerpen yang dibaca adalah “Warni Ingin Pulang” karya Sawali Tuhusetya yang mengungkap tentang “pemberontakan” batin seorang guru yang rela tercerabut dari akar keluarganya demi memenuhi tugas dan dunia panggilannya sebagai seorang guru di luar Jawa.

Menghadirkan acara Musikalisasi Puisi dalam agenda MGMP memang baru pertama kalinya digelar. Mengingat pentas musikalisasi puisi ini memiliki peranan yang penting dan strategis dalam memberikan inspirasi kepada peserta didik, Group Origami juga bersedia menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan pihak sekolah jika sewaktu-waktu dimohon untuk tampil sebagai pengisi acara.

Selain musikalisasi puisi, acara juga diisi dengan siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz Nasikhun, S.Pd.I. dan sosialisasi tentang Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa serta Pengarusutamaan Gender dalam proses pembelajaran oleh Sawali Tuhusetya. Usai acara, pengurus MGMP mengadakan rapat koordinasi untuk mempersiapkan agenda “Seminar Nasional dan Diskusi Film Alangkah Lucunya Negeri ini” yang merupakan kerja sama antara MGMP Bahasa Indonesia SMP Kab. Kendal dan Mitra Edukatifa, Semarang. Jika tak ada aral melintang, acara akan berlangsung di kompleks SBR, Purin, Kendal, pada hari Selasa, 23 November 2010, dengan menghadirkan narasumber utama, Dedy Miswar, salah satu pemeran film “Alangkah Lucunya Negeri Ini” dan aktor ternama itu.

Berikut adalah beberapa gambar yang berhasil diliput oleh Sie Dokumentasi!

MGMPMGMPMGMPMGMPMGMPMGMPMGMPMGMPMGMPMGMPMGMPMGMPMGMPMGMP


Gambar selengkapnya bisa dilihat di sini!
***

0 komentar:

Posting Komentar