Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP Tahun 2011/2012

KEGIATAN PEMBERDAYAAN MGMP BAHASA INDONESIA SMP
KABUPATEN KENDAL TAHUN 2011/2012

  1. Latar Belakang
Masalah utama yang dihadapi oleh para guru Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal dalam pembelajaran adalah rendahnya kemampuan guru dalam merencanakan proses pembelajaran dan mengimplementasikannya ke dalam situasi pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik, sebagaimana diamanatkan dalam Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Sebagian besar guru belum mampu dan terampil menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan standar proses, sehingga tidak mampu mewujudkan atmosfer pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Sebagian besar guru belum mampu memahami dan mengaplikasikan kegiatan pembelajaran secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Akibatnya, proses pembelajaran cenderung berlangsung monoton dan membosankan sehingga gagal memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya secara optimal. Dalam kondisi demikian, perlu ada upaya serius untuk memberdayakan guru agar mampu menyusun rencana pembelajaran dan sekaligus mengimplementasikannya ke dalam proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sesuai dengan standar proses.  
PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) mengamanatkan bahwa pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional (pasal 28). Kualifikasi akademik merupakan tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan, kompetensi sebagai agen pembelajaran meliput kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

pemberdayaanDari keempat kompetensi yang harus dikuasai oleh guru, kompetensi profesional dinilai merupakan kompetensi yang hingga saat ini belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal itu ditandai dengan masih rendahnya kemampuan guru yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi isi materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut, serta menambah wawasan keilmuan sebagai guru. Selain itu, kemampuan guru dalam menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan/materi bidang studi juga masih tergolong rendah. Hal itu ditunjukkan dengan rendahnya minat guru untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Akibatnya, jarang ditemukan inovasi model-model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang bisa digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar dan pengembangan potensi peserta didik. Dalam konteks demikian, upaya serius untuk mengakrabkan guru pada dunia penelitian perlu terus dilakukan oleh MGMP agar secara bertahap kompetensi profesional guru bisa terus meningkat sehingga akan berimbas positif terhadap peserta didik.
Tantangan yang harus dihadapi oleh MGMP pada era peradaban global seperti saat ini memang makin rumit dan kompleks. Dalam situasi demikian, MGMP dituntut untuk bersikap tanggap dan responsif terhadap berbagai masalah yang terjadi dan memiliki komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.
Terbentuknya tiga Pokja MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal merupakan salah satu upaya nyata dan komitmen para pengurus untuk menyelesaikan berbagai masalah pendidikan yang terjadi di lingkungan masing-masing. Pertemuan MGMP pada setiap Pokja yang difasilitasi oleh pengurus MGMP dan guru pemandu, baik secara rutin maupun insidental, diharapkan bisa menjadi wadah yang tepat untuk berdiskusi, berinteraksi, dan bercurah pikir tentang berbagai persoalan yang dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran. Dengan cara demikian, guru dari berbagai sekolah bisa saling bertukar dan berbagi pengalaman sehingga secara bertahap bisa mengatasi masalah pendidikan yang dihadapi.

  1. Tujuan
1.      Umum
Program Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, melaksanakan kebijakan pemerintah yang terkait dengan pendidikan, dan meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan program pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan melakukan penilaian pembelajaran.

2.      Khusus
Tujuan khusus Program Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP dapat dijabarkan sebagai berikut:
a.       meningkatkan kemampuan  guru dalam mengembangkan silabus dan sistem penilaian yang sesuai dengan kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia;
b.      meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis kompetensi;
c.       meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan;
d.      meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan;
e.       meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan;
f.       meningkatkan kerja sama secara kolaboratif dengan teman sejawat melalui kegiatan lesson-study untuk mewujudkan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan;
g.      meningkatkan kemampuan dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bermakna untuk meningkatkan mutu pembelajaran;
h.      meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran;
i.        Meningkatkan kemampuan guru dalam mengakses informasi dan bahan ajar melalui internet.

  1. Hasil yang Diharapkan
Kegiatan Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal ini diharapkan membawa hasil sebagai berikut:

1.      Hasil Kegiatan:
a.       Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan silabus, RPP, dan sistem penilaian yang sesuai dengan KTSP mata pelajaran Bahasa Indonesia.
b.      Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis kompetensi.
c.       Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan.
d.      Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan.
e.       Meningkatnya kerja sama secara kolaboratif dengan teman sejawat melalui kegiatan lesson-study untuk mewujudkan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan;
f.       Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan;
g.      Meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bermakna untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
h.      Meningkatnya kemampuan guru dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran.
i.        Meningkatnya kemampuan guru dalam mengakses informasi dan bahan ajar melalui internet.

  1. Sasaran
1.      Sasaran Program Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal Tahun 2011 adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Kendal yang mengajar di kelas VII/VIII dan diprioritaskan bagi guru yang belum pernah mengikuti kegiatan pemberdayaan MGMP sejumlah 20 orang untuk setiap Pokja.
2.      Program kegiatan diarahkan untuk meningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

  1. Pelaksana Kegiatan
1.      Pelaksana kegiatan adalah MGMP Bahasa Indonesia SMP Kab. Kendal yang berlokasi di 3 (tiga) Pokja, yaitu Pokja I di SMPN 2 Kendal, Pokja II di SMPN 1 Brangsong, dan Pokja III di SMPN 2 Sukorejo.
2.      Pemandu kegiatan adalah guru pemandu yang dinyatakan telah lolos seleksi oleh LPMP Jawa Tengah dan narasumber lain yang relevan.

  1. Anggaran
Anggaran Pemberdayaan MGMP bersumber dari Blockgrant MGMP sebesar Rp15.000,000,00 (lima belas juta rupiah) setiap Pokja.

  1. Rencana Program dan Kegiatan

Program kegiatan yang akan dilaksanakan dapat digambarkan ke dalam struktur program berikut ini.
No
Materi/Kegiatan
Alokasi Waktu
A.
UMUM


1.   Kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kendal
2 Jam

2.   Sosialisasi Program Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP
1 Jam
B.
POKOK


3.   Identifikasi dan Pemecahan Masalah Pembelajaran di Kelas
8 jam

4.   Penelitian Tindakan Kelas
8 jam

5.   Implementasi KTSP
8 jam

6.   Pengembangan Silabus dan RPP
8 jam

7.   Pengembangan Bahan Ajar
8 jam

8.   Pengembangan Keterampilan Mendengarkan
6 jam

9.   Pengembangan Keterampilan Berbicara
6 jam

10.  Pengembangan Keterampilan Membaca
6 jam

11.  Pengembangan Keterampilan Menulis
6 jam

12.  Pengembangan Metode Pembelajaran
8 jam

13.  Pengembangan Media Pembelajaran
6 jam

14.   Teknik Penulisan dan Analisis Butir Soal
6 jam

15.   Lesson Study
8 jam

16.   Best Practices
6 jam

17.   Seminar dan Diseminasi Hasil Penelitian  
 Tindakan Kelas
6 jam
C.
PENUNJANG


18.   Pre tes, Pos tes
2 jam

19.   Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan
4 jam

20.   Pengenalan Mengakses Informasi dan Bahan
 Ajar Melalui Internet
4 jam

21.   Pembukaan, penutupan
3 jam

Jumlah
120m


  1. Jadwal Kegiatan Harian Pemberdayaan MGMP di Setiap Pokja

Pertemuan I
Tanggal: 9 Agustus 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Pembukaan
MKKS
09.00 – 09.15
Istirahat
2
09.15 – 10.45
Kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Dinas/MKKS
3
10.45 – 11.30
Sosialisasi Program Pemberdayaan MGMP (Block-Grant)
Guru Pemandu
4
11.30 – 12.15
Pre tes
Guru Pemandu
12.15 – 13.00
Istirahat
5
13.00 – 14.30
Identifikasi dan Pemecahan Masalah Pembelajaran di Kelas
Guru Pemandu
Pertemuan II
Tanggal: 23 Agustus 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Identifikasi dan Pemecahan Masalah Pembelajaran di Kelas
Guru Pemandu
09.00 – 09.15
Istirahat
2
09.15 – 10.45
Identifikasi dan Pemecahan Masalah Pembelajaran di Kelas
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Identifikasi dan Pemecahan Masalah Pembelajaran di Kelas
Guru Pemandu
12.15 – 13.00
Istirahat
4
13.00 – 14.30
Penelitian Tindakan Kelas
Guru Pemandu




Pertemuan III
Tanggal: 13 September 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Penelitian Tindakan Kelas
Guru Pemandu

09.00 – 09.15
Istirahat

2
09.15 – 10.45
Penelitian Tindakan Kelas
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Penelitian Tindakan Kelas
Guru Pemandu

12.15 – 13.00
Istirahat

4
13.00 – 14.30
Implementasi KTSP
Guru Pemandu

Pertemuan III
Tanggal: 20 September 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Implementasi KTSP
Guru Pemandu

09.00 – 09.15
Istirahat

2
09.15 – 10.45
Implementasi KTSP
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Implementasi KTSP
Guru Pemandu

12.15 – 13.00
Istirahat

4
13.00 – 14.30
Pengembangan Silabus dan RPP
Guru Pemandu


Pertemuan V
Tanggal: 27 September 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Pengembangan Silabus dan RPP
Guru Pemandu

09.00 – 09.15
Istirahat

2
09.15 – 10.45
Pengembangan Silabus dan RPP
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Pengembangan Silabus dan RPP
Guru Pemandu

12.15 – 13.00
Istirahat

4
13.00 – 14.30
Pengembangan Bahan Ajar
Guru Pemandu

Pertemuan VI
Tanggal: 4 Oktober 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Pengembangan Bahan Ajar
MKKS
09.00 – 09.15
Istirahat
2
09.15 – 10.45
Pengembangan Bahan Ajar
Dinas
3
10.45 – 12.15
Pengembangan Bahan Ajar
Guru Pemandu
12.15 – 13.00
Istirahat
5
13.00 – 14.30
Pengembangan Keterampilan Mendengarkan
Guru Pemandu
Pertemuan VII
Tanggal: 11 Oktober 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Pengembangan Keterampilan Mendengarkan
Guru Pemandu
09.00 – 09.15
Istirahat
2
09.15 – 10.45
Pengembangan Keterampilan Mendengarkan
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Pengembangan Keterampilan Berbicara
Guru Pemandu
12.15 – 13.00
Istirahat
4
13.00 – 14.30
Pengembangan Keterampilan Berbicara
Guru Pemandu




Pertemuan VIII
Tanggal: 18 Oktober 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Pengembangan Keterampilan Berbicara
Guru Pemandu

09.00 – 09.15
Istirahat

2
09.15 – 10.45
Pengembangan Keterampilan Membaca
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Pengembangan Keterampilan Membaca
Guru Pemandu

12.15 – 13.00
Istirahat

4
13.00 – 14.30
Pengembangan Keterampilan Membaca
Guru Pemandu


Pertemuan IX
Tanggal: 25 Oktober 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Pengembangan Keterampilan Menulis
Guru Pemandu

09.00 – 09.15
Istirahat

2
09.15 – 10.45
Pengembangan Keterampilan Menulis
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Pengembangan Keterampilan Menulis
Guru Pemandu

12.15 – 13.00
Istirahat

4
13.00 – 14.30
Pengembangan Metode Pembelajaran
Guru Pemandu


Pertemuan X
Tanggal: 1 November 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Pengembangan Metode Pembelajaran
Guru Pemandu

09.00 – 09.15
Istirahat

2
09.15 – 10.45
Pengembangan Metode Pembelajaran
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Pengembangan Metode Pembelajaran
Guru Pemandu

12.15 – 13.00
Istirahat

4
13.00 – 14.30
Pengembangan Media Pembelajaran
Guru Pemandu

Pertemuan XI
Tanggal: 8 November 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Pengembangan Media Pembelajaran
MKKS
09.00 – 09.15
Istirahat
2
09.15 – 10.45
Pengembangan Media Pembelajaran
Dinas
3
10.45 – 12.15
Teknik Penulisan dan Analisis Butir Soal
Guru Pemandu
12.15 – 13.00
Istirahat
5
13.00 – 14.30
Teknik Penulisan dan Analisis Butir Soal
Guru Pemandu
Pertemuan XII
Tanggal: 15 November 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Teknik Penulisan dan Analisis Butir Soal
Guru Pemandu
09.00 – 09.15
Istirahat
2
09.15 – 10.45
Lesson Study
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Lesson Study
Guru Pemandu
12.15 – 13.00
Istirahat
4
13.00 – 14.30
Lesson Study
Guru Pemandu




Pertemuan XIII
Tanggal: 22 November 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Lesson Study
Guru Pemandu

09.00 – 09.15
Istirahat

2
09.15 – 10.45
Best Practices
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Best Practices
Guru Pemandu

12.15 – 13.00
Istirahat

4
13.00 – 14.30
Best Practices
Guru Pemandu

Pertemuan XIV
Tanggal: 29 November 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan
Guru Pemandu

09.00 – 09.15
Istirahat

2
09.15 – 10.45
Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Pengenalan Mengakses Informasi dan Bahan Ajar Melalui Internet
Guru Pemandu

12.15 – 13.00
Istirahat

4
13.00 – 14.30
Pengenalan Mengakses Informasi dan Bahan Ajar Melalui Internet
Guru Pemandu
5
14.30 – 15.15
Pos tes


Pertemuan XV
Tanggal: 6 Desember 2011
JAM
WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
1
07.30 – 09.00
Seminar dan Diseminasi Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Guru Pemandu

09.00 – 09.15
Istirahat

2
09.15 – 10.45
Seminar dan Diseminasi Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Guru Pemandu
3
10.45 – 12.15
Seminar dan Diseminasi Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Guru Pemandu

12.15 – 13.00
Istirahat

4
13.00 – 13.45
Penutupan
Guru Pemandu



  1. PENUTUP
Keberadaan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal selama ini secara jujur harus diakui belum memenuhi harapan seperti apa yang diinginkan. Hal ini terjadi karena masih banyaknya masalah dan tantangan yang harus dihadapi, khususnya berkaitan dengan kurang memadainya anggaran yang dimiliki oleh MGMP. Padahal, MGMP merupakan wadah pembinaan profesional bagi guru mata pelajaran di tingkat satuan pendidikan yang idealnya bisa dijadikan sebagai ajang bagi guru untuk mengembangkan kompetensinya. 
Dalam konteks demikian, Program Pemberdayaan MGMP merupakan salah satu upaya yang penting dan strategis untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Dengan meningkatnya kemampuan guru, akan meningkat pula  mutu pembelajaran. Hal ini tentu akan berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional. 
Semoga upaya mulia ini mendapatkan dukungan dari pihak-pihak terkait dan dapat berlangsung dengan lancar dan sukses seperti yang diharapkan.

Kendal, 14 September 2011
Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP
Kabupaten Kendal,


Drs. Sawali, M.Pd.
NIP 19640619 199512 1 003

0 komentar:

Poskan Komentar