Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JUDUL :
Judul PTK hendaknya dinyatakan dengan akurat dan padat permasalahan serta bentuk tindakan yang dilakukan peneliti sebagai upaya pemecahan masalah. Formulasi judul hendaknya singkat, jelas, dan sederhana namun secara tersirat telah menampilkan sosok PTK bukan sosok penelitian formal. Judul ditulis dalam halaman judul yang dilengkapi dengan identitas peneliti (nama dan NIP guru), lembaga/satuan pendidikan tempat guru bekerja, dan bulan dan tahun penulisan PTK.

KATA PENGANTAR

HALAMAN PERSETUJUAN (bila diperlukan, lazimnya diketahui dan ditandatangani oleh pimpinan/kepala sekolah setempat)

DAFTAR ISI

DAFTAR LAMPIRAN

ABSTRAK : (Berisi judul, nama peneliti, uraian singkat PTK. Ditulis satu spasi dengan jumlah kata kurang lebih 250 kata. Disertai kata kunci)

BAB I. PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah (Dalam latar belakang permasalahan ini hendaknya diuraikan urgensi penanganan permasalahan yang diajukan itu melalui PTK. Untuk itu, harus ditunjukkkan fakta – fakta yang mendukung, baik yang berasal dari pengamatan guru selama ini maupun dari kajian pustaka. Dukungan berupa hasil penelitian –penelitian terdahulu, apabila ada juga akan lebih mengokohkan argumentasi mengenai urgensi serta signifikansi permasalahan yang akan ditangani melalui PTK yang diusulkan itu. Karakteristik khas PTK yang berbeda dari penelitian formal hendaknya tercermin dalam uraian di bagian ini.)
  2. Perumusan Masalah (Permasalahan yang diusulkan untuk ditangani melalui PTK itu dijabarkan secara lebih rinci dalam bagian ini. Masalah hendaknya benar – benar di angkat dari masalah keseharian di sekolah yang memang layak dan perlu diselesaikan melalui PTK. Sebaliknya permasalahan yang dimaksud seyogyanya bukan permasalahan yang secara teknis metodologik di luar jangkauan PTK. Uraian permasalahan yang ada hendaknya didahului oleh identifikasi masalah, yang dilanjutkan dengan analisis masalah serta diikuti dengan refleksi awal sehingga gambaran permasalahan yang perlu di tangani itu nampak menjadi perumusan masalah tersebut. Dalam bagian ini dikunci dengan perumusan masalah tersebut. Dalam bagian inipun, sosok PTK harus secara konsisten tertampilkan.)
  3. Tujuan Penelitian (Tujuan PTK hendaknya dirumuskan secara jelas.paparkan sasaran antara dan akhir tindakan perbaikan.perumusan tujuan harus konsisten dengan hakekat permasalahan yang dikemukakan dalam bagian – bagian sebelumnya. Dengan sendirinya,artikulasi tujuan PTK berbeda dari tujuan formal. Sebagai contoh dapat dikemukakan PTK di bidang IPA yang bertujuan meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran IPA melalaui penerapan strategi PBM yang baru, pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar mengajar dan sebagainya. Pengujian dan/atau pengembangan strategi PBM baru bukan merupakan rumusan tujuan PTK. Selanjutnya ketercapaian tujuan hendaknya dapat diverfikasi secara obyektif. Syukur apabila juga dapat dikuantifikasikan.) Disamping tujuan PTK, juga perlu diuraikan kemungkinan kemanfaatan penelitian. Dalam hubungan ini, perlu dipaparkan secara spesifik keuntungan – keuntungan yang dijanjikan, khususnya bagi siswa sebagai pewaris langsung (direct beneficiaries) hasil PTK, di samping bagi guru pelaksana PTK, bagi rekan – rekan guru lainnya serta bagi para dosen LPTK sebagai pendidik guru. Berbeda dari konteks penelitian formal, kemanfaatan bagi pengembangan ilmu. Teknologi dan seni tidak merupakan prioritas dalam konteks PTK, meskipun kemungkinan kehadirannya tidak ditolak
  4. Manfaat Penelitian (Menjelaskan manfaat penelitian ini untuk penambahan/pengembangan wawasan, manfaat aplikasi hasil penelitian bagi keberhasilan pembelajaran siswa, bagi guru, sekolah dan mungkin pihak lain yang relevan dengan pemanfaatan hasil penelitian ini)

BAB II. LANDASAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS
  1. Tinjauan Pustaka (Pada bagian ini diuraikan landasan substantive dalam arti teoritik dan/atau metodologik yang dipergunakan peneliti dalam menentukan alternative, yang akan diimplementasikan. Untuk keperluan itu, dalam bagian ini diuraikan kajian baik pengalaman peneliti pelakju PTK sendiri nyang relevan maupun pelaku – pelaku PTK lain disamping terhadap teori – teori yang lazim termuat dalam berbagai kepustakaan. Argumentasi logic dan teoretik diperlukan guna menyusun kerangka konseptual. Aras kerangka konseptual yang disusun itu, hipotesis tindakan dirumuskan.)
  2. Kerangka Pemikiran
  3. Hipotesis Tindakan

BAB III METODE PENELITIAN (CARA PENELITIAN)
  1. Setting Penelitian Pada bagian ini disebutkan di mana penelitian tersebut dilakukan, di kelas berapa dan bagaimana karakteristik dari kelas tersebut seperti komposisi siswa pria dan wanita, latar belakang kemampuan akademik, kesulitan-kesulitan/kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran, latarbelakang sosial dan ekonomi yang mungkin relevan dengan permasalahan dan lain sebagainya. Aspek substantive kompetensi dan permasalahan yang dihadapi siswa dalam mata pelajaran pada kelas yang diteliti seperti IPA atau IPS atau Matematika kelas II SMP, juga dikemukakan pada bagian ini.
  2. Subjek Penelitian (Pada bagian ini dijelaskan jumlah dan deskripsi siswa)
  3. Variabel Penelitian (faktor yang diselidiki) Pada bagian ini ditentukan variabel – variabel penelitian yang dijadikan titik – titik incar untuk menjawab permasalahan yang dihadapi. Variabel tersebut dapat berupa (1) variabel input yang terkait dengan siswa, guru, bahan pelajaran, sumber belajar, prosedur evaluasi, lingkungan belajar, dan lain sebagainya; (2) variabel proses pelanggaran KBM seperti interaksi belajar-mengajar, keterampilan bertanya, guru, gaya mengajar guru, cara belajar siswa, implementasi berbagai metode mengajar di kelas, dan sebagainya, dan (3) varaibel output seperti rasa keingintahuan siswa, kemampuan siswa mengaplikasikan pengetahuan, motivasi siswa, hasil belajar siswa, sikap terhadap pengalaman belajar yang telah digelar melalui tindakan perbaikan dan sebagainya.
  4. Teknik pengumpulan data (Data dan Cara Pengambilannya) Pada bagian ini ditunjukkan dengan jelas jenis data yang akan dikumpulkan yang berkenaan dengan baik proses maupun dampak tindakan perbaikan yang di gelar, yang akan digunakan sebagai dasar untuk menilai keberhasilan atau kekurangberhasilan tindakan perbaikan pembelajaran yang dicobakan. Format data dapat bersifat kualitatif, kuantitatif, atau kombinasi keduanya. Di samping itu teknik pengumpilan data yang diperlukan juga harus diuraikan dengan jelas seperti melalui pengamatan partisipatif, pembuatan juranal harian, observasi aktivitas di kelas (termasuk berbagai kemungkinan format dan alat bantu rekam yang akan digunakan)penggambaran interaksi dalam kelas (analisis sosiometrik), pengukuran hasil belajar dengan berbagai prosedur asesmen dan sebagainya.selanjutnya dalam prosedur pengumpulan data PTK ini tidak boleh dilupakan bahwa sebagai pelaku PTK, para guru juga harus aktif sebagai pengumpul data, bukan semata – mata sebagai sumber data. Akhirnya semua teknologi pengumpulan data yang digunakan harus mendapat penilaian kelaikan yang cermat dalam konteks PTK yang khas itu. Sebab meskipun mungkin saja memang menjanjikan mutu rekaman yang jauh lebih baik. Penggunaan teknologi perekaman data yang canggih dapat saja terganjal keras pada tahap tayang ulang dalam rangka analisis dan interpretasi data.
  5. Indikator Kinerja (Pada bagaian ini tolak ukur keberhasilan tindakan perbaikan ditetapkan secara eksplisit sehingga memudahkan verifikasinya untuk tindak perbaikan melalui PTK yang bertujuan mengurangi kesalahan konsep siswa misalnya perlu ditetapkan kriteria keberhasilan dalam bentuk pengurangan (jumlah, jenis dan atau tingkat kegawatan) miskonsepsi yang tertampilkan yang patut diduga sebagai dampak dari implementasi tindakan perbaikan yang dimaksud.)
  6. Analisis Data (Pada bagian ini menjelaskan teknik, tata cara/prosedur dalam menganalisis data, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Bentuk/jenis data dan uji statistic yang digunakan juga dijelaskan, misalnya rumus uji statistic dan lain-lainnya)
  7. Prosedur Penelitian (langkah-langkah PTK) Pada bagian ini digambarkan rencana tindakan untuk meningkatkan pembelajaran, seperti : (1) Perencanaan, yaitu persiapan yang dilakukan sehubungan dengan PTK yang diprakarsai seperti penetapan entry behavior. Pelancaran tes diagnostic untuk menspesifikasi masalah. Pembuatan scenario pembelajaran, pengadaan alat–alat dalam rangka implementasi PTK, dan lain–lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan perbaikan yang telah ditetapkan sebelumnya. Disamping itu juga diuraikan alternatif solusi yang akan dicobakan dalam rangka perbaikan masalah, (2) Implementasi Tindakan yaitu deskripsi tindakan yang akan di gelar. Scenario kerja tindakan perbaikan dan prosedur tindakan yang akan diterapkan, (3) Observasi dan Interpretasi yaitu uraian tentang prosedur perekaman dan penafsiran data mengenai proses dan produk dari implementasi tindakan perbaikan yang dirancang, dan (4) Analisis dan Refleksi yaitu uraian tentang prosedur analisis terhadap hasil pemantauan dan refleksi berkenaan dengan proses dan dampak tindakan perbaikan yang akan digelar, personel yang akan dilibatkan serta kriteria dan rencana bagi tindakan siklus/daur berikutnya.

BAB IV HASIL PENELITIAN
  1. Siklus I
  2. Siklus II
  3. Siklus III
  4. Siklus berikutnya (jika ada)
  5. Pembahasan antar siklus

Uraian tiap siklus meliputi: (a) Perencanaan tindakan (Skenario pembelajaran), (b) Pelaksanaan tindakan (deskripsi proses pembelajaran), (c) Pelaksanaan observasi (sajian hasil analisis data), dan (d) Refleksi (kajian terhadap indikator kinerja terhadap hasil dan proses pembelajaran dan analisis kritis hasil tiap siklus).

BAB V SIMPULAN DAN SARAN
  1. Simpulan
  2. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Semoga ada manfaatnya bagi rekan-rekan sejawat yang hendak melakukan penelitian melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Contoh proposal bisa diunduh di sini. ***

35 komentar:

  1. suwarti mengatakan...

    :???: sistematika proposal banyak kita jumpai. yang saya ingin tahu, sebelum proposal dibuat, langkah-langkah apa yang harus kita lakukan dari kita menemukan masalah sampai terwujudnya sebuah proposal.

  2. rachma mengatakan...

    trimakasih atas tulisannya

  3. imron Rosidi mengatakan...

    mohon maaf, tulisan Anda tentang PTK justru tdk praktis. Coba baca satu contoh uraian saya. Judul PTK hendaknya menggambarkan penyakit, obat, pasien, dan rymah sakit. Contoh: Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi melalui media CD Hadiah Produk susu siswa kelas XI iA SMAN 2 Pasuruan. Latar belakng harus berisi kondisi idela (lihat silabus, kondisi riil (di lapangan), ada masalah? Mengapa masalah, baru tunjukkan tindakannya. Praktis khan. Dan masih banyak tapi tidak bisa saya tuliskan. Trims. Semoga berguna

  4. Ade mengatakan...

    saya pernah ditanya seorang teman mengenai analisis data dalam PTK. ia menanyakan mengenai beberapa langkah-langkah analisisnya yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. dapatkan anda membantu saya menjelaskan hal tersebut? mohon balasannya segera ke-e-mail saya!

  5. usmana mengatakan...

    @suwarti,

  6. ja anan mengatakan...

    makasih nich informasinya bagus banget buat nambah refrensi... :razz:

  7. admin mengatakan...

    sama2, terma kasih juga atas kunjungan dan apresiasinya.

  8. Yonas Suharyono mengatakan...

    Kadang-kadang kita masih sering terjebak dalam penelitian formal/konvensional ya Mas. Sementara sistematika penulisan PTK juga masih sering diperdebatkan. Lihat saja pada bab III, ada yang menulis dengan METODE PENELITIAN, tetapi ada juga yang sudah mengubah menjadi PELAKSANAAN PENELITIAN, yang (selain berisikan metode penelitian) juga memuat deskripsi per siklus. Intinya, semua betul asal niat kita tulus dari hati kita ketika menyadari ada yang tidak beres dengan pembelajaran yang kita sajikan di dalam kelas, yaitu "MEMPERBAIKI PEMBELAJARAN", dan bukan sekadar ingin mendapatkan PAK untuk kenaikan pangkat ke IV/B, ya kan?

  9. admin mengatakan...

    bener banget, pak har. PTK yang selama ini dilakukan oleh rekan-rekan sejawat masih cenderung bersifat formalitas. esensi peningkatan mutu pembelajaran belum sepenuhnya bisa terwujud. analisis datanya pun masih memiliki banyak kelemahan karena menjadi otoritas guru sepenuhnya sbg peneliti dalam menganalisis data dan mendeskripsikannya.

  10. bayu nurharyanto mengatakan...

    saya senang banget setelah bergabung dengan komunitas guru bahasa indonesia smp di kendal meskipun saya ada di ntb, jadi jawanya tidak hilang,meskipun saya juga ikut ngajar di sma ada ndak komunitas guru bahasa indonesia sma mau gabung sekalian

  11. suparwa mengatakan...

    Saya coba memahami dan menerapkan PTK. Bagaimana dengan masalah dalam rumusan masalah "Apakah masalah pembelajaran atau masalah penelitian karena juga terkait dengan laporan penelitiannya:
    (1) Apa yang dikerjakan untuk perbaikan pengajaran?
    (2) Apa yang dikerjakan untuk penelitian?
    Perlu dibedakan?

  12. admin mengatakan...

    @bayu nurharyanto,
    terima kasih, pak bayu. kami juga senang sekali bisa berinteraksi dg bapak, meski baru sebatas di dunia maya. utk komunitas bahasa indonesia SMA, wah, kami kok tak tahu persis, ya, pak, mohon maaf.

  13. sunarto mengatakan...

    terimakasih berbagai infonya. mohon dengan hormat untuk dikirimi contoh ptk bahasa indonesia smp sebagai acuan saya untuk belajar lebih banyak tentang ptk. trims sebelumnya.

  14. BAMBANGSUROYO mengatakan...

    mohon dengan hormat contoh menulis skripsi ptk bahasa indonesia tingkat smp sebagai acuan saya untuk menyelesaikan tugas akhir sebagai mahasiswa. trimakasih.

  15. adnan Suadi mengatakan...

    Aku Bangga Bergabung Dengan Komunitas PTK Bahasa Indonesa, namun aku mohon untuk mendapatkan contoh secara gratis untuk bahan perbandingan bagi kamu sebagai guru pemula, terima kasih.

  16. jafar mengatakan...

    salam kenal .............
    jika berkenan, bisakah diupload/ dikirimkan contoh komplit dari salah satu laporan PTK yang telah berhasil
    makasih

  17. Heri Wahyudi Spd mengatakan...

    tolong bagi-bagi ilmu tentang ptk. makasih

  18. Tunik I Ketut mengatakan...

    Bahagia saya bisa bergabubng ke situs ini, mohon bisa dibantu untuk mendapatkan contoh PTK Bahasa Indonesia SMA

  19. ALDO mengatakan...

    Tulisan Bapak telah menambah inspirasi saya buat nulis PTK, terima kasih

  20. muhsyams mengatakan...

    nambah pengetahuan... makasih

  21. anik muslimah mengatakan...

    ASSLAMUALAIKUM kalau boleh mau tanya nih bagaimana cara mengisi lampiran pada ptk trim atas petunjuknya. WASSALAM

  22. Asnidawati mengatakan...

    Terima kasih pak. Saya ingin mencoba melakukan PTK.

  23. m.faiq mengatakan...

    sangat bermanfaat.

  24. Cahyawati mengatakan...

    makasih banget pak! info PTK nya.MGMPnya Kendal maju banget resepnya apa pak? ;-)

  25. ahmad syahid mengatakan...

    makasih atas infonya, mohon diberikan contoh-contoh judul yang terbaik dan telah diekspos sebagai bahan perbandingan bagi rekan-rekan guru yang akan melaksanakan ptk.

  26. Apri mengatakan...

    Bravo~
    Mohon dikirimi bila ada PTK Bahasa Indonesia yang baik,untuk contoh.TQ

  27. Suhono mengatakan...

    Salam kenal...
    Terima kasih sekali jika Bos berkenan mengirimi saya contoh ptk yang sudah mendapatkan nilai angka kredit. untuk acuan. Tksh.

  28. ratna mengatakan...

    mohon dikirimi contoh ptk bahasa inggris kelas 7 trim

  29. lily mulyadi mengatakan...

    mohon kirimi contoh ptk bahasa indonesia untuk kepentingan memperbaiki proses belajar mengajar. Mohon maklum dari sekian Rpp yang di laksanakan tidak 100% berhasil. terimakasih.

  30. simon beda mengatakan...

    tolong kirimi saya contoh ptk untuk bidang sastra. thanks

  31. norwahid mengatakan...

    tolong kirimin contoh fali ke email saya PTK Bahasa Indonesia ( norwahid96@yahoo.com

  32. sri rahayu mengatakan...

    saya juga kepingin dikirim ke email saya contoh PTK kimia sebagai referensi saya untuk meningkatkan pembelajaran kimia. Matur nuwun.

  33. Tri Widiyati mengatakan...

    maaf Bpk, saya guru B.Ind pemula di SMP di wilayah perbatasan yang sarat dengan kurangnya kualitas tingkat pemahaman siswa, ditambah lagi saya berangkat dari nonkependidikan. Banyak masalah yang saya hadapi, baik dari saya sebagai pengajar maupun dari siswa sebagai pembelajar.Masalah terasa ketika diminta untuk menyusun PTK.
    Mhn bantuan Bpk, langkah2 apa yang harus saya lakukan untuk menyusun PTK mulai dari awal-akhir.Trimakasih

  34. gina mengatakan...

    terima kasih atas info nya mohon dengan hormat kirim contoh ptk bahasa inggris untuk smp kelas VII sebagai acuan saya dal memahami ptk.

  35. syamsula arifin mengatakan...

    sangat berbahagia bisa menemukan cara-cara membuat PTK. dan ini merupakan penuntun kami dalam menyusun. makasiihhhhhhh

Posting Komentar