Webhost dan co.cc untuk MGMP Bahasa Indonesia SMP

Alhamdulillah, setelah beberapa kali berganti-ganti alamat, blog MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, sekarang sudah mantab pindah rumah di sini dengan memanfaatkan layanan domain dan hosting gratis yang disediakan oleh webhost. Sebenarnya blog MGMP sudah lama lahir. Hanya lantaran belum menemukan kecocokan, akhirnya lama tak melakukan update. Sebenarnya saya pribadi menginginkan domain dan hosting sendiri. Namun, khawatir belum ada teman pengurus yang berkenan mengelola dan menjadi pemegang adminnya, terpaksa menggunakan layanan domain dan hosting gratis.

webhostKelebihan webhost adalah kemudahan pemegang admin dalam melakukan modifikasi blog. Seperti layaknya domain dan hosting berbayar, kita bisa dengan mudah memodifikasi tampilan, memanfaatkan plugin, atau meng-upgrade engine blog. Dalam hal ini, saya menggunakan engine wordpress yang memang sudah lumayan lama saya akrabi.

Meski demikian, webhost bukannya tanpa kelemahan. Sepanjang yang saya tahu, webhost sangat selektif dalam meng-approve kepemilikian akun. Awal-awalnya memang berlangsung mulus. Namun, setelah kita memublikasikan beberapa postingan dan memodifikasinya, seringkali blog tak bisa diakses. Blog ini juga seringkali tak bisa diakses dan berada dalam pemeriksaan ketat (under review) pemiliknya. Hal ini bisa dimaklumi, sebab akan sangat berpengaruh terhadap penggunaan server akibat banyaknya member. Untuk mengatasi hal ini, saya sudah melakukan kontak via email kepada sang pemilik, yang isinya menyatakan bahwa blog ini milik sebuah komunitas MGMP Bahasa Indonesia SMP yang dimaksudkan untuk ikut berkiprah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia. Alhamdulillah, akhirnya blog ini kembali bisa diakses. Semoga lancar dan mudah diakses kapan dan di mana pun.

Sesuai dengan informasi yang saya pasang di bar samping, blog yang diluncurkan 1 Desember 2008 ini dibuat dalam rangka untuk ikut berkiprah dalam memberikan sumbangsih pemikiran terhadap kemajuan dunia pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya SMP/MTS. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan sumbangan tulisan, baik berupa artikel opini, karya ilmiah (KTI), karya ilmiah populer, kebahasaan, kesastraan, inovasi pembelajaran, atau tulisan-tulisan yang bermanfaat untuk kepentingan pembelajaran, khususnya, dan dunia pendidikan pada umumnya. Sumbangan tulisan bisa dikirim via email: mgmpbindosmp@gmail.com.

Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrahiim, Blog MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, resmi kami luncurkan pada 1 Desember 2008. Mohon doa restu semoga kehadiran blog ini benar-benar bisa bermanfaat dan dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran Bahasa Indonesia dan dunia pendidikan pada umumnya. Masukan dan saran silakan sampaikan melalui halaman Buku Tamu di sini.

Terima kasih dan salam budaya!

Admin

4 komentar:

  1. mels mengatakan...

    :lol: sELAMAT! MUDAH-MUDAHAN KAMI YAG DI PKL JUGA BISA NGIKUTI

  2. rizoa mengatakan...

    pak guru..boleh zoa kasih saran pak.. kayaknya jogjawebcenter bisa tuh ngasih hosting ma domain gratis buad site social kayak gini... :wink: :wink:

  3. admin mengatakan...

    wah, bener2 baru tahu nih, mas zoa. makasih banget saran dan infonya, yak.

  4. admin mengatakan...

    terima kasih, pak maliki, semoga kita bisa terus melakukan sharing dan bersilaturahmi.

Posting Komentar